Terbakar di Selat Selayar, 119 Kru KRI Hading-538 Selamat

Ansar Jumasang
Sabtu, 03 Jun 2023 21:35
Terbakar di Selat Selayar, 119 Kru KRI Hading-538 Selamat
Sekitar 119 kru prajurit KRI Teluk Hading-538, yang dilaporkan mengalami kebakaran di bagian timur selat Selayar, antara Pelabuhan Pamatata Selayar dan Pelabuhan Bira Bulukumba. Foto: Istim
Comment
Share
MAKASSAR - Sekitar 119 kru prajurit KRI Teluk Hading-538, yang dilaporkan mengalami kebakaran di bagian timur selat Selayar, antara Pelabuhan Pamatata Selayar dan Pelabuhan Bira Kabupaten Bulukumba, pada Sabtu (3/6/2023) berhasil dievakuasi dan selamat.

Sejumlah unsur TNI AL yang diturunkan yakni KRI Escolar-871, KRI Sultan Iskandar Muda (SIM)-367, KRI Sampari-628, KRI Terapang-648 dan KRI Tombak-629.



Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksma TNI I Made Wira Hady Arsanta Wardhana mengatakan, Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Teluk Hading-538 merupakan salah satu unsur KRI jajaran Satuan Lintas Laut Militer 1 Jakarta (Satlinlamil 1 Jakarta) Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) mengalami kebakaran saat sedang menjalankan operasi rutin TNI AL.

"Saat terjadi insiden kebakaran tersebut kapal berjenis Frosch-I/Type 108 ini sedang dalam menjalankan operasi Rutin TNI AL," tuturnya kepada awak media, Sabtu, (3/6/2023).

Dirinya mengaku, pihaknya menerima informasi tersebut dari Basarnas Selayar pada pukul 14.15 Wita. Namun hingga saat ini pihaknya belum mengetahui penyebab kebakaran tersebut.

"Mengenai kronologis kejadian penyebab kebakaran belum diketahui secara pasti, namun diketahui laporan mengenai kejadian kebakaran diterima oleh Basarnas Selayar sekitar pukul 14.15 Wita," terangnya.

Dirinya juga bilang, KRI Teluk Hading-538 tengah memuat sebanyak 119 orang prajurit yang saat ini telah di evakuasi oleh TB Bahtera Zalfa yang tengah melintas disaat kapal tersebut mengalami kebakaran.

"Adapun jumlah personel dan material yang berada di KRI tersebut total berjumlah 119 prajurit. Seluruh personel saat ini sudah dievakuasi di TB Bahtera Zalfa yang saat itu melintas di tmpat kejadian," akunya.

Dari peristiwa tersebut, pihak TNI AL saat ini belum mendapatkan informasi terkait adanya korban jiwa dalam insiden tersebut.

"Beberapa kapal yang melintas di sekitar KRI Teluk Hading-538TKP saat ini dalam posisi standby untuk memberikan bantuan diantaranya MV. Golden Ace dan MV. Green Wave. Sampai saat ini belum ada laporan mengenai adanya korban jiwa," bebernya.



Saat ini KRI Teluk Hading-538 diupayakan untuk ditarik menggunakan kapal tunda menuju daratan terdekat yang kemudian akan dilakukan pemeriksaan oleh tim TNI AL terkait pemicu kebakaran tersebut.

Laksma TNI I Made Wira Hady Arsanta Wardhana juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat atas laporan cepat yang diberikan kepada pihak terkait, terhadap kebakaran yang menimpa KRI Teluk Hading-538 sehingga dapat ditangani dengan cepat.

"Pimpinan TNI AL mengucapkan terimakasih kepada MV Gren Wave serta semua pihak yang terlibat dalam upaya penyelamatan kebakaran di KRI Teluk Hading-538," tutupnya.
(GUS)
Berita Terbaru