Komitmen Menpora Dito Ariotedjo Ikut Perjuangkan Pembangunan Stadion di Sulsel

Gusti Ridani
Kamis, 05 Okt 2023 23:36
Komitmen Menpora Dito Ariotedjo Ikut Perjuangkan Pembangunan Stadion di Sulsel
Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, sesaat sebelum meninggalkan Kantor Gubernur Sulsel, Kamis (5/10/23). Foto/Gusti Ridani
Comment
Share
MAKASSAR - Masyarakat Sulawesi Selatan (Sulsel) menaruh harapan besar terkait hadirnya stadion sepak bola di Kota Makassar. Harapan dibangunnya kembali Stadion Mattoanging berhembus dengan hadirnya Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, di Kantor Gubernur Sulsel, Kamis (5/10/23).

Meskipun tujuan utama kehadiran menteri termuda Indonesia ini dalam rangka menghadiri pelantikan Wakil Bupati Luwu Timur, namun dirinya sempat menyingung keberadaan stadion Sulsel saat memberi sambutan.

Dito mengatakan harapan untuk membangun Stadion Mattoanging masih ada. Ia sendiri mengaku banyak mendapat harapan langsung dari masyarakat Sulawesi Selatan khususnya para penggemar sepak bola agar dibangunkan stadion.

"Saya setuju dengan aspirasi masyarakat Sulawesi Selatan, bahwa Sulsel harus punya stadion yang mumpuni," kata Dito saat ditanyai oleh awak media di Kantor Gubernur Sulsel.

Dito sendiri menyampaikan agar masyarakat Sulsel untuk sedikit bersabar. Sembari Kemenpora memperjuangkan untuk dibangunnya stadion baru di Sulsel.

"Stadion itu untuk Sulsel sudah kita bahas bersama Presiden sekaligus membahas rencana renovasi 23 stadion di Indonesia," ungkap Dito.

Pihaknya pun berkomitmen untuk mewujudkan stadion yang mumpuni di Sulsel. Selain itu, Dito mengaku sudah berbincang dengan Penjabat Gubernur Sulsel terkait masalah stadion yang pembangunannya menemui jalan yang rumit.

"Saya tadi tanya, Gubernur bercerita bahwa di Sulsel defisit (anggaran/APBD) Rp1,5 triliun. Ini kita cari solusinya, kita bersama berjuang agar Sulsel punya stadion yang membanggakan Indonesia Timur," pungkasnya.

Di tengah transisi pemerintahan di Sulawesi Selatan, dari era Gubernur Andi Sudirman Sulaiman ke Penjabat Gubernur Bahtiar Baharuddin, persoalan stadion masih menjadi hangat diperbincangkan.

Bahtiar sebagai Dirjen di Kemendagri yang ditugaskan langsung oleh Presiden RI untuk melangsungkan program strategis. Akibatnya, anggaran Stadion Mattoanging pada APBD Perubahan direcofusing untuk program strategis, salah satunya penganggaran 40 persen untuk Pilkada 2024.

Namun demikian, tidak menandakan bahwa pembangunan Stadion Mattoanging sama sekali tidak diharapkan untuk dibangun. Pj Gubernur Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin mengungkapkan, dirinya sudah berdiskusi dengan Menpora Dito terkait upaya yang bisa dibantukan oleh pusat untuk membangun stadion.

"Tugas saya adalah menyampaikan aspirasi masyarakat Sulsel. Selebihnya saya serahkan ke pak Menpora," kata Bahtiar.

Ia mengutarakan dalam kondisi ini, Pemprov Sulsel tidak punya opsi pada APBD Perubahan. Namun, ia pastikan untuk memperjuangkan apa yang menjadi harapan masyarakat Sulsel.

"Rakyat Sulsel ingin punya stadion, silahkan pemerintah pusat menentukan," kuncinya.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru