Ditjen Gatrik Evaluasi Pelaksanaan Penyediaan Ruang Bebas Jaringan Transmisi Tenaga Listrik

Tim Sindomakassar
Rabu, 15 Mei 2024 17:54
Ditjen Gatrik Evaluasi Pelaksanaan Penyediaan Ruang Bebas Jaringan Transmisi Tenaga Listrik
Suasana kegiatan Evaluasi Pelaksanaan Kompensasi Tanah, Bangunan dan Tanaman di Bawah Ruang Bebas Jaringan Transmisi Tenaga Listrik Triwulan I Tahun 2024 di Makassar. Foto/Dok PLN
Comment
Share
MAKASSAR - PT PLN (Persero) terus mempercepat pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan dengan terus meningkatkan sinergi bersama stakeholder terkait. Salah satunya Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM RI (Ditjen Gatrik).

Hal ini ditunjukkan melalui agenda kegiatan Evaluasi Pelaksanaan Kompensasi Tanah, Bangunan dan Tanaman di Bawah Ruang Bebas Jaringan Transmisi Tenaga Listrik Triwulan I Tahun 2024 yang dilaksanakan di Makassar pada 2-3 Mei 2024.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Direktur Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan Ditjen Gatrik Kementerian ESDM beserta jajaran serta seluruh unit PLN yang sedang melaksanakan kegiatan penyediaan ruang bebas jaringan transmisi tenaga listrik.

Direktur Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan, Mohammad Priharto Dwinugroho, memberikan apresiasi atas kinerja PLN selama ini untuk pelaksanaan kompensasi ruang bebas jaringan transmisi tenaga listrik.

“Kami sangat mengapresiasi kinerja PLN dalam pelaksanaan pembangunan Transmisi Tenaga Listrik Triwulan I Tahun 2024 yang saat ini dalam tahap Evaluasi Pelaksanaan Kompensasi Tanah, Bangunan dan Tanaman. Kami berharap pelaksanaan evaluasi ini berjalan dengan lancar," katanya.

Selain itu Priharto menjelaskan kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Peraturan Menteri ESDM Nomor 13 Tahun 2021 tentang Ruang Bebas dan Jarak bebas Minimum Jaringan Transmisi Tenaga Listrik dan Kompensasi Atas Tanah Bangunan dan/atau Tanaman yang Berada di Bawah Ruang Bebas Jaringan Transmisi Tenaga Listrik.

"Kegiatan evaluasi ini ke depannya akan terus rutin dilaksanakan untuk memonitoring pelaksanaan pemberian kompensasi dan menghimpun tantangan yang terjadi selama pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan”, tuturnya.

Senior Manager Perizinan Pertanahan dan Komunikasi UIP Sulawesi, Nur Akhsin, menyampaikan terima kasih kepada Ditjen Gatrik karena telah mempercayakan UIP Sulawesi sebagai tuan rumah kegiatan evaluasi triwulan pertama ini.

"Pertama-tama, kami menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi sebesar-besarnya kepada Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM yang telah berkenan memberikan kepercayaan kepada UIP Sulawesi untuk kembali menjadi tuan rumah. Ya setelah sebelumnya di Manado pada akhir tahun lalu dan juga telah membantu PLN dalam setiap tahapan pembangunan proyek ketenagalistrikan,” ungkap Nur Akhsin.

Ia juga menyatakan penyediaan ruang bebas merupakan hal yang sangat penting untuk kelangsungan pembangunan. Bagi PLN, khususnya Unit Induk Pembangunan, penyediaan ruang bebas (ROW) merupakan hal yang sangat signifikan mempengaruhi penyelesaian proyek jaringan transmisi.

Ia menjelaskan pelaksanaan penyediaan ROW yang berjalan dengan lancar akan menunjang pencapaian target pelaksanaan stringing atau penarikan kabel setiap jaringan transmisi. Olehnya itu, evaluasi yang rutin sangat diperlukan tidak hanya sebagai wadah pengawasan kemajuan pekerjaan, tapi yang jauh lebih penting sebagai forum untuk diskusi terkait tantangan-tantangan yang dihadapi di lapangan.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru