Implementasi Kerjasama, UMI Terima Mahasiswa Perancis Internship Internasional

Tim Sindomakassar
Jum'at, 07 Jun 2024 15:35
Implementasi Kerjasama, UMI Terima Mahasiswa Perancis Internship Internasional
Rektor UMI Prof Sufirman Rahman saat menerima dua mahasiswa asal Perancis yang melakukan penelitian di Sulsel. Foto: Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Universitas Muslim Indonesia (UMI) menyambut dua mahasiswa program internship dari Université Savoie Mont Blanc, Prancis di Ruang rapat Rektor UMI, lantai 9 Menara UMI, Jalan Urip Sumohardjo, Makassar, Kamis (6/6/2024).

Kedua mahasiswa Prancis itu adalah Clement Florian Bastien Guilet dan Pierre Louis Ottavioli. Mereka berdua tengah mengerjakan projek riset daur ulang atau pengelolaan limbah di Sulawesi Selatan.

Kedua mahasiswa ini akan belajar di dua program studi yakni Teknik Industri dan Teknik Pertambangan Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Muslim Indonesia.

Dalam kesempatan itu, Rektor UMI Prof Sufirman Rahman, mengungkapkan UMI telah bekerjasama dengan beberapa perguruan tinggi di Perancis termasuk Université Savoie Mont Blanc, Prancis dan, kali ini merupakan ketiga kalinya, UMI menerima mahasiswa dari kampus tersebut sejak tahun 2016.

“Kemitraan UMI dengan perguruan tinggi di Prancis telah berjalan sejak lama, sejak tahun 2016 hingga sekarang. Kerja sama itu di antaranya dengan USMB Prancis, yang telah mengirimkan mahasiswa untuk belajar dan melakukan penelitian di UMI yang juga dibimbing oleh dosen UMI. Tahun ini USMB Perancis untuk ketiga kalinya mengirimkan mahasiswanya untuk belajar di UMI, alhamdulillah," ujar Prof Sufirman.

Lanjut dikatakan, Indonesia dan Perancis memiliki hubungan yang erat. Begitu pula antara UMI dengan perguruan tinggi di Perancis.

“Kami selaku Pimpinan UMI menyambut baik. Semoga mereka nyaman berada di UMI. Indonesia dengan Perancis itu memiliki hubungan yang baik dari sejarah apalagi di masa kerajaan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Internasional (KUI) UMI Ir Setyawaty Yani, menjelaskan, kedua mahasiswa program internship international itu akan menjalani masa studi selama kurang lebih dua bulan.

“Kedua mahasiswa Perancis yang belajar di UMI mengikuti pendidikan dan penelitian di Fakultas Teknologi Industri UMI pada semester ini, mereka akan mempresentasikan hasil risetnya ke Profesor dari UMSB Perancis yang akan hadir di UMI pada 3 atau 4 Juli 2024. Profesornya langsung datang ke UMI,” tutupnya.

Lanjut dikatakan, Program internship internasional ini adalah program yang disiapkan UMI melalui Kantor Urusan International UMI kepada mahasiswa luar negeri yang belajar di UMI untuk memperoleh pengayaan baik dalam bidang pendidikan maupun budaya Indonesia.

“Kedua mahasiswa asing itu selain belajar literatur dari buku dan meneliti di lapangan, mereka juga belajar tentang budaya Indonesia dan ke-UMI-an," tandasnya.
(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru