Unhas & Seirei Christopher University Kerja Sama Tingkatkan Kualitas Pendidikan & Penelitian

Tim Sindomakassar
Sabtu, 13 Jul 2024 08:21
Unhas & Seirei Christopher University Kerja Sama Tingkatkan Kualitas Pendidikan & Penelitian
Universitas Hasanuddin (Unhas) bersama Seirei Christopher University sepakat menjalin kerja sama di bidang pengembangan tridarma perguruan tinggi.
Comment
Share
MAKASSAR - Universitas Hasanuddin (Unhas) bersama Seirei Christopher University sepakat menjalin kerja sama di bidang pengembangan tridarma perguruan tinggi. Kolaborasi dua perguruan tinggi asal Indonesia dan Jepang itu bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian.

Kesepakatan itu tertuang dalam penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) oleh Rektor Unhas Prof Jamaluddin Jompa dan President Seirei Christopher University Prof Shohei Ohgi. Kegiatan itu berlangsung di Ruang Rapat Rektor, Lantai 8 Gedung Rektorat, Kampus Unhas Tamalanrea, Makassar, Jumat (12/7).

Hadir dalam acara itu yakni Prof. Arizono (Chair of The Physical Therapy Department Cardiovascular & Pulmonary Rehabilitation), Yamada Tetsuya (President Director Kaikoukai), Abe Kazuya (Board of Director Kaikoukai) dan beberapa jajaran pimpinan lainnya dari perguruan tinggi asal Jepang itu.

Adapun dari pihak Unhas tampak hadir, antara lain yakni Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof Muhammad Ruslin, Ketua LPPM Prof Muh Nasrum Massi, Direktur RSPTN dr Andi Muhammad Ichsan, Kepala Kantor Urusan Internasional Unhas Andi Masytha Irwan, dan Dekan FKep beserta jajarannya.

Dalam sambutannya, Rektor Unhas Prof Jamaluddin Jompa, menyampaikan ucapan selamat datang dan menyambut dengan hangat rombongan dari Seirei Christopher University. Ia menyebut kerja sama ini merupakan langkah strategis dalam memperluas dan memperkuat kemitraan Unhas untuk bersama sama mendorong pengembangan kualitas pendidikan dan penelitian.

“Kami berharap kerja sama ini akan membawa dampak positif, terutama dalam meningkatkan kompetensi dan kapabilitas mahasiswa serta dosen. Ini bukan hanya sekedar acara seremonial, akan tetapi implementasinya dapat segera kita wujudkan. Misalnya saja melalui pertukaran mahasiswa agar memberikan pengalaman dan ilmu baru kepada para mahasiswa,” jelas Prof JJ-sapaan akrabnya.

Lebih lanjut, Prof JJ juga memberikan gambaran secara umum tentang Unhas sekaligus berbagai capaian yang telah diraih oleh Unhas sebagai perguruan tinggi. Dirinya mengatakan, secara berkelanjutan Unhas terus meningkatkan kapasitas serta sarana prasarana dalam medukung kualitas pembelajaran yang semakin baik.

President Seirei Christopher University, Prof Shohei Ohgi, pada kesempatan yang sama menyampaikan rasa senang atas penerimaan baik yang dilakukan oleh Unhas. Dirinya menyatakan kebanggaannya dapat bekerja sama dengan Unhas.

Tidak hanya itu, Prof Shohei juga banyak memberikan gambaran tentang universitas yang dipimpinnya. Ia juga mengharapkan, implementasi dari kerjasama yang dilakukan bersama Unhas bisa segera diimplementasikan bersama.

"Dengan adanya kolaborasi ini, diharapkan dapat mendorong pengembangan penelitian bersama dan program pertukaran mahasiswa yang akan memberikan pengalaman internasional,” jelas Prof Shohei.

Setelah MoU, kemudian dilanjutkan dengan penandatangan MoA bersama Fakultas Keperawatan sebagai bentuk implementasi dari kerjasama yang dilakukan kedua pihak. Seluruh rangkaian kegiatan berlangsung lancar hingga pukul 15.00 Wita dan ditutup dengan diskusi bersama.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru