Ranking FIFA Timnas Indonesia Naik Dua Peringkat

Tim Sindomakassar
Rabu, 11 Sep 2024 00:37
Ranking FIFA Timnas Indonesia Naik Dua Peringkat
Timnas Indonesia Berhasil menahan imbang Timnas Australia pada Kualifikasi Piala Dunia ronde ketiga di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (10/9/2024). Foto: Okezone
Comment
Share
MAKASSAR - Ranking FIFA Timnas Indonesia naik dua peringkat usai menahan imbang Timnas Australia laga kedua Grup C babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Selasa (10/9/2024). Skor untuk kedua tim 0-0 hingga peluit panjang.

Pada laga itu, Indonesia lebih banyak mengandalkan pola serangan balik. Skema 3-4-3 yang diterapkan Shin Tae-yong masih belum mampu mengambil alih lini tengah.

Alhasil, Timnas Indonesia hanya mampu menguasai penguasaan bola dengan persentase 37 persen berbanding 63 persen. Dari segi peluang, Skuad Garuda juga tertinggal jauh.

Timnas Indonesia hanya mampu melepaskan empat tendangan dan dua on target. Sebaliknya, Australia jauh lebih efektif dalam membangun serangan. Australia mampu menciptakan 18 tendangan dan lima on target.

Beruntungnya, Timnas Indonesia memiliki Maarten Paes. Paes tercatat mampu melakukan enam penyelamatan gemilang selama 90 menit pertandingan berlangsung. Hingga peluit panjang dibunyikan tanda berakhirnya laga, skor imbang 0-0 tak berubah.

Skuad Garuda tampil dengan kekuatan penuh dan langsung menciptakan dua peluang dalam 23 detik pertama, menunjukkan dominasi sejak awal pertandingan namun gagal mencetak gol hingga laga usai.

Selama 10 menit pertama, Indonesia menguasai 67% penguasaan bola, memaksa pemain Australia, Craig Goodwin, menerima kartu kuning karena mematahkan serangan. Namun, setelah 20 menit, Australia mulai keluar dari tekanan dan hampir mencetak gol, tetapi Maarten Paes tampil gemilang menjaga gawang Indonesia.

Pemain Australia seperti Mitchell Duke, Jackson Irvine, dan Nestroy Irankunda beberapa kali mengancam gawang Indonesia. Namun, kiper Timnas Maarten Paes, yang menjalani debut kandangnya, sukses melakukan beberapa penyelamatan krusial, memastikan skor 0-0 tetap bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, pelatih Shin Tae-yong memainkan Witan Sulaeman untuk menambah daya gedor dari sisi sayap serangan Garuda. Dia masuk menggantikan Rafael Struick tepat saat turun minum.

Pergantian pemain juga terjadi di menit ke-61, Thom Haye masuk menggantikan Ivar Jenner. Sedang di menit 79, Pratama Arhan masuk menggantikan Marselino Ferdinan. Namun, dua pergantian tersebut rupanya tak banyak mengubah jalannya laga.

Hingga laga berakhir, Timnas Indonesia gagal mencetak gol ke gawang Australia. Namun, solidnya penampilan lini bertahan Merah Putih yang dikomando Jay Idzes membuat gawang Maarten Paes juga tidak kebobolan hingga laga usai.

Dengan hasil ini, Timnas Indonesia berhasil mencuri satu poin dari Australia. Hasil ini juga membuka kans Skuad Garuda untuk bersaing ke putaran berikutnya di kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Sehingga Timnas masih berada di posisi keempat klasemen sementara grup C dengan mengoleksi 2 poin. Di posisi pertama ditempati Arab Saudi dengan 4 poin, dan kedua ada Jepang dengan 3 poin.
(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru