Menang 1-2, PSM Putus Rekor Tak Terkalahkan Persib dan Rebut Puncak Klasemen Liga 1

Ahmad Muhaimin
Selasa, 14 Feb 2023 17:10
Menang 1-2, PSM Putus Rekor Tak Terkalahkan Persib dan Rebut Puncak Klasemen Liga 1
Ciro Alves dihadang oleh pemain PSM. Foto: Official Persib
Comment
Share
MAKASSAR - PSM berhasil menang dramatis dengan skor 1-2 atas Persib Bandung yang berlangsung di Stadion Pakansari Bogor. Kemenangan ini membuat PSM berhasil memutus rekor Persib yang dalam 15 laga beruntun tidak kalah.

Selain itu, tambahan 3 poin membuat PSM merebut posisi puncak klasemen dari Persija Jakarta. Juku Eja kini mengoleksi 50 poin, terpaut 2 angka dari Persija di posisi kedua.

Bermain di hadapan pendukungnya, Persib langsung menekan sejak dini. Ciro Alves dkk dominan menguasai permainan. Sementara PSM cuma mengandalkan kesempatan serangan balik hingga menit 10.

Menit 16, Persib mendapat peluang lewat Ciro. Pemain asal Brasil ini melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti. Arahnya sudah on target, namun bisa diamankan dengan mudah oleh Reza Arya.



PSM membalasnya dengan tendangan bebas dari Wiljan Pluim. Menit 28, Ramadhan Sananta dilanggar oleh Ahmad Jufriyanto. Sepakan Pluim juga on target, namun masih bisa diblok oleh Teja Paku Alam.

Menit 38, PSM kembali menembus pertahanan Persib. Pluim berhasil menyisir sisi kiri lini belakang Maung Bandung, yang dikawal Rezaldi Hehanusa.

Pluim memberikan umpan datar, tapi Sananta melakukan dummy dan membiarkan bola lewat. Sayangnya Kenzo Nambu tidak berada tepat di belakang. Sehingga ia kehilangan momentum untuk menembak.

Jelang turun minum, Persib mampu memanfaatkan peluang terakhir menjadi gol. Lewat situasi sepakan pojok yang dilepaskan Klok, Jupe mampu menyambar bola di depan gawang. Skor berubah 1-0 untuk keunggulan tuan rumah di babak pertama.



Di babak kedua, PSM mampu mencuri gol dengan cepat. Menit 53, Yakob lepas dari perangkap offside dan berhasil mengirim umpan ke mulut gawang Persib. Sananta datang di waktu yang tepat dan mengkonversinya menjadi gol. Skor 1-1 untuk kedua tim.

Persib langsung merespon dengan memasukkan David da Silva, topskor dengan 17 gol. Mereka menarik Ezra Walian yang tidak berkembang, dan sudah mengantongi kartu kuning di babak pertama.

Gol penyama kedudukan Sananta, berhasil dilanjutkan oleh Yance 10 menit kemudian. Pemilik nomor punggung 11 ini diluar dugaan melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Arahnya ke pojok sampai membuat Teja tak bisa menghalaunya. Skor 1-2 PSM berbalik unggul.

PSM nyatanya hampir memperlebar jarak di menit tambahan waktu. Everton Naschimento yang masuk menggantikan Sananta, melakukan solo run dari tengah lapangan dan masuk ke kotak penalti Persib. Sayang sepakannya malah mengarah ke Teja.

Sampai pertandingan selesai, tidak ada tambahan gol yang tercipta. Skor 1-2 tidak berubah untuk kemenangan PSM.

(RPL)
Berita Terkait
Berita Terbaru