PGI Sulsel Bakal Gelar Turnamen Golf Amatir Bertaraf Internasional

Tri Yari Kurniawan
Jum'at, 13 Jan 2023 14:58
PGI Sulsel Bakal Gelar Turnamen Golf Amatir Bertaraf Internasional
Ketua PGI Pengrov Sulsel, Yunan Yunus Kadir, menyampaikan persiapan penyelenggara turnamen golf amatir berskala internasional di Lapangan Golf Padivalley, Kabupaten Gowa, belum lama ini. Foto/SINDOMak
Comment
Share
MAKASSAR - Persatuan Golf Indonesia (PGI) Sulsel bakal menggelar South Sulawesi Amateur (SSA) Open Series II 2023 di lapangan golf Padivalley, Kabupaten Gowa, pada 2-4 Februari mendatang. Turnamen golf internasional itu ditargetkan akan diikuti oleh 70 peserta, baik lokal, nasional maupun asing.

Ketua PGI Pengrov Sulsel, Yunan Yunus Kadir, menyampaikan sejumlah peserta dari luar negeri sudah mendaftar, seperti dari China dan Australia. Lalu, ada pula dari Perancis yang mulai menyatakan minat. Di samping itu, pihaknya juga mengundang peserta dari negara tetangga seperti Malaysia, Singapura dan Thailand.



"Kami juga mengundang rangking dunia untuk datang. Khusus untuk Indonesia, kami akan datangkan 10 besar. Toh, mau tidak mau, mereka sebenarnya berkepentingan untuk memperbaiki nilai poin," kata dia.

Yunan menegaskan pelaksanaan SSA Open Series II 2023 akan dirangkaikan dengan turnamen golf lainnya yakni Samata Amateur Inter Club. Kompetisi ini dibatasi hanya diikuti 100 peserta. Ia menegaskan banyaknya kompetisi yang dilakukan merupakan bagian dari upaya menggenjot pembinaan sejak usia dini.

"Target kami memang di yunior untuk pembinaan atlet, bukan sebatas turnamen. Ya (banyaknya) turnamen itu bukan indikator kesuksesan (kepengurusan PGI)," jelasnya.

Sekretaris PGI Pengprov Sulsel, Suhardi, menambahkan pelaksanaan SSA Open Series II 2023 merupakan event akbar dan bergengsi. Turnamen ini bahkan masuk kalender dari PGI pusat. Menariknya lagi, ada dua turnamen yang langsung diselenggarakan pada waktu bersamaan.

"Ini masuk kalendar PGI pusat, ini kegiatan (bertaraf) internasional yang dilakukan di Sulsel pada awal tahun ini," sebutnya.

Sementara itu, Ketua Panitia SSA Open Series II 2023, Herman Agus Mahmud, menjelaskan sejauh ini sudah ada sekitar 45 pendaftar turnamen golf amatir berskala internasional. Khusus dari Sulsel saja sudah sekitar 26 orang, dimana sembilan di antaranya adalah binaan PGI provinsi.



Hari pertama dan kedua, tepatnya 2-3 Februari akan berlangsung semacam kualifikasi. Hanya peringkat 1-30 yang berhak melaju ke babak final pada 4 Februari. Demi memastikan semarak turnamen, pada babak final itu akan dirangkaikan Samata Amateur Inter Club dengan target peserta 100 orang.

Ia menyebut untuk hadiah, pihaknya mengacu pada regulasi, dimana ada pembatasan nominal tidak boleh lewat Rp10 juta. Makanya, untuk juara I berhak mendapatkan Rp10 juta, lalu juara II Rp7,5 juta dan juara III Rp5 juta.
(RPL)
Berita Terkait
Berita Terbaru