Kalahkan Vietnam, Timnas Indonesia Berhasil Raih Poin Penuh Perdana

Agus Nyomba
Jum'at, 22 Mar 2024 00:46
Kalahkan Vietnam, Timnas Indonesia Berhasil Raih Poin Penuh Perdana
Para pemain Timnas Indonesia melakukan selebrasi usai Egy Maulana mencetak gol. Foto: Sindonews
Comment
Share
JAKARTA - Timnas Indonesia berhasil menekuk Timnas Vietnam dengan skor 1-0 pada laga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua Grup F di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis, (21/03/2024).

Pada pertandingan tersebut, penyerang Timnas Indonesia Egy Maulana berhasil mengubah skor pada menit ke 52, dan bertahan hingga peluit panjang membuat Timnas Indonesia berhasil memenangkan duel. Hasil ini menjadi modal penting untuk tim Garuda saat bertandang ke Hanoi markas Timnas Vietnam, (26/3/2024) mendatang.

Tiga poin ini juga membawa Timnas Indonesia naik ke peringkat kedua grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026, dengan mengoleksi empat poin, selisih dua poin dari Irak di posisi puncak. Di posisi ketiga ada Timnas Vietnam dengan 3 poin dan Filipina di posisi keempat dengan 1 poin.

Pada babak pertama pertandingan, Timnas Indonesia masih kesulitan mencari gol meski telah menurunkan dua pemain anyar sejak awal, yakni Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On, namun tim Garuda kesulitan mendominasi laga.

Tim asuhan Shin Tae-yong terus tertekan dari gaya bermain Vietnam asuhan Philippe Troussier selama 25 menit pertama. Setengah jalannya babak pertama itu, Garuda juga sulit untuk menembus garis tengah Vietnam.

Di sisi lain, Vietnam sendiri dari 25 menit itu mendapatkan peluang melalui tembakan mendatar Nguyen Hoang Duc yang masih menyamping.

Tim berjuluk The Golden Stars itu juga mendapatkan peluang berbahaya pada menit ke-25 ketika penyerangnya terbebas. Beruntungnya, pada momen ini bek asal SC Heerenveen Nathan melakukan tugasnya dengan baik dengan melakukan tackle bersih.

Setelah itu, perlahan Indonesia mampu keluar dari tekanan. Rafael Struick melalui aksinya dari sayap kiri melakukan cut inside dan menendang bola yang masih tepat di pelukan kiper Vietnam Filip Nguyen saat laga hampir berjalan setengah jam.

Indonesia kembali mendapatkan momen pada menit ke-32 ketika Yakob Sayuri melakukan kerja sama dengan Witan Sulaeman di area pertahanan Vietnam. Sayangnya, umpan datar Yakob masih gagal menemui target dan karena dapat diamankan bek Vietnam.

Hingga berakhirnya 45 menit pertama, kedua tim sama-sama masih gagal mencetak gol dan menyudahi babak pertama dengan skor kacamata 0-0.

Di babak kedua, pelatih Timnas Indonesia melakukan perubahan dengan memasukkan Egy Maulana, keputusan tersebut berbuah hasil setelah mencatatkan namanya di papan skor usai memanfaatkan skema lemparan ke dalam yang diinisiasi oleh Arham Pratama skor berubah menjadi 1-0.

Dengan kondisi tertinggal, Timnas Vietnam berupaya bangkit dengan memasukkan sejumlah pemain, seperti penyerang Nguyen Tien Linh hingga Nguyen Van Toan untuk menjadi penggedor lini depan.

Namun sayang rapatnya barisan Timnas Indonesia yang dikawal oleh Jay Idzes dan Rizky Ridho belum bisa ditembus. Meski beberapa peluang sempat tercipta di area pertahanan Timnas Indonesia.

Penyerang Timnas Indonesia Egy Maulana nyaris menambah melalui tendangannya pada menit-menit akhir laga yang memanfaatkan umpan datar Arhan. Peluang emas itu masih gagal berbuah gol setelah masih tipis di samping gawang Vietnam seusai Filip Nguyen melakukan penyelamatan krusial.

Skor 1-0 untuk kemenangan Indonesia bertahan sampai wasit meniup peluit panjang. Tiga poin perdana ini membawa Indonesia naik ke posisi kedua klasemen sementara Grup F dengan empat poin, selisih dua poin dari Irak di posisi puncak.

Berikut susunan pemain Indonesia vs Vietnam:

Indonesia: Muhammad Adi Satryo, Jay Idzes, Rizky Ridho, Justin Hubner, Yakob Sayuri, Nathan Tjoe-A-On, Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman, Rafael Struick, Hokky Caraka.Pelatih: Shin Tae-yong.

Vietnam: Nguyen Filip, Vo Minh Trong, Bui Tien Dung, Pham Xuan Manh, Do Hung Dung, Nham Manh Dung, Phan Tuan Tai, Nguyen Hoang Duc, Nguyen Dinh Bac, Nguyen Thai Son, Bui Hoang Viet Anh.Pelatih: Philippe Troussier.
(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru