Pj Bupati Sinjai Imbau Masyarakat Waspada Potensi Kebakaran saat Musim Kemarau

Tim Sindomakassar
Kamis, 05 Sep 2024 13:13
Pj Bupati Sinjai Imbau Masyarakat Waspada Potensi Kebakaran saat Musim Kemarau
Pj Bupati Sinjai, T.R Fahsul Falah. Foto: Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Musim kemarau adalah periode yang sering ditandai dengan cuaca panas dan kering yang ekstrem.

Selain meningkatkan risiko kebakaran, musim kemarau juga dapat menimbulkan berbagai ancaman lainnya.

Menyikapi hal itu, Pj Bupati Sinjai, T.R Fahsul Falah mengeluarkan imbauan untuk masyarakat.

Imbauan tersebut yakni terkait antisipasi kebakaran yang sering terjadi selama musim kemarau.

“Kita tahu bahwa musim kemarau membawa berbagai risiko yang perlu kita waspadai, salah satunya adalah potensi kebakaran,” jelasnya, Kamis (05/09/2024).



Untuk itu, Ia meminta kepada seluruh masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan. Terutama dengan tidak membakar sampah sembarangan yang bisa memicu kebakaran.

Lainnya, tidak membuang puntung rokok di sembarang tempat. Termasuk mengantisipasi kerawanan kebakaran karena listrik.

“Saya juga tekankan agar warga lebih berhati-hati dalam menggunakan alat-alat yang dapat memicu api, seperti kompor dan alat pembakaran lainnya,” tegasnya.

Karena itu, orang nomor satu di kabupaten Sinjai ini meminta kepada seluruh warga untuk lebih waspada dan berhati-hati di musim kemarau ini.

“Potensi kebakaran sangat tinggi dan kita semua harus turut serta dalam upaya pencegahan,” sambung T.R begitu sapaannya.



Kemudian, Pj Bupati juga menghimbau agar warga melaporkan segera jika melihat tanda-tanda kebakaran kepada pihak berwenang, baik melalui Pemerintah desa/kelurahan maupun instansi terkait.

“Atau kita dapat menghubungi nomor layanan Posko Damkar yang ada di Kabupaten Sinjai,” pintanya.

Memasuki musim kemarau, Pemerintah Kabupaten Sinjai juga telah menyiapkan langkah-langkah penanggulangan termasuk akan mengintensifkan sosialisasi ke masyarakat tentang bahaya kebakaran dan langkah-langkah pencegahannya.

“Semoga kerjasama dari semua pihak, potensi kebakaran di musim kemarau tahun ini dapat kita minimalisir,” tutup Pj Bupati Sinjai.

Berikut nomor layanan Damkar Sinjai untuk Posko Sinjai Utara yakni 0482113 dan 04822425438. Sektor Sinjai Selatan 085242225141 dan Sektor Sinjai Barat 081356624625.
(UMI)
Berita Terkait
Berita Terbaru