Penghasilan Petani Kakao Naik di Sulsel, Berkat Bantuan Bibit Era Andi Sudirman

Tim Sindomakassar
Minggu, 15 Sep 2024 14:31
Penghasilan Petani Kakao Naik di Sulsel, Berkat Bantuan Bibit Era Andi Sudirman
Penghasilan petani kakao di Sulsel meningkat sejalan dengan harganya yang naik di pasaran. Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Penghasilan petani kakao di Sulsel meningkat sejalan dengan harganya yang naik di pasaran. Keuntungan berlebih dirasakan berkat bantuan bibit serta pupuk yang diberikan di era Andi Sudirman Sulaiman.

Selama menjabat sebagai Gubernur Sulsel periode 2021-2023, Andi Sudirman Sulaiman memang memberikan perhatian serius di sektor pertanian. Utamanya untuk peningkatan kesejahteraan para petani di seluruh daerah kabupaten/kota yang ada.

Salah satunya yaitu petani kakao. Selama hampir tiga tahun lamanya ia menjabat, sebanyak 15.464.180 pohon bantuan bibit kakao telah diberikan.

Bantuan tersebut sangat membantu para petani kakao untuk meningkatkan produksinya, dan diluar dugaan ternyata harga kakao melambung tinggi di tahun ini.

Alhasil, para petani kakao dapat keuntungan lebih atas hasil panen yang didapatkan. Mereka pun berterima kasih kepada Andi Sudirman Sulaiman, karena perhatian yang diberikan, petani bisa sejahterah.

"Kami Kelompok Tani Patalassang 2 Kabupaten Bantaeng mengucapkan terima kasih kepada Bapak Andi Sudirman Sulaiman sebagai gubernur yang telah memberikan banyak bantuan kepada kami petani kakao," ujar Tuming Lerde, selaku ketua kelompok tani, Jumat (13/9/2024).

Bantuan yang diberikan memang bukan main banyaknya. Selain belasan juta bibit pohon kakao, di era Andi Sudirman Sulaiman, para petani juga ternyata mendapatkan bantuan berupa pupuk gratis.

Bukan hanya di Bantaeng saja, para petani Kabupaten Bone, Sinjai, Sidrap, Bulukumba, Luwu Utara, dan sebagainya, juga merasakan manfaat serta hasil panen dari bantuan bibit serta pupuk yang diberikan.

"Terima kasih kepada bapak Andi Sudirman Sulaiman yang telah perhatian terhadap kami petani kakao bantuan bibit serta pupuk yang telah diberikan" ujar Rusdin, Ketua Kelompok Tani Padaidi, Kecamatan Lamuru, Kabupaten Bone.

Dengan manfaat yang telah dirasakan masyarakat atas bantuan ini, Andi Sudirman Sulaiman yang saat ini maju kembali sebagai Calon Gubernur Sulsel berpasangan dengan wakilnya H. Fatmawati Rusdi di Pilgub Sulsel 2024 berkomitmen untuk melanjutkannya.

Hal itu diungkapkan Juru Bicara Andalan Hati (Andi Sudirman Sulaman-H. Fatmawati Rusdi (Andalan Hati), Muhammad Ramli Rahim. Ia menegaskan, bahwa keduanya akan terus melanjutkan program yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sulsel.

"Khususnya para petani, yang kita ketahui ada begitu banyak di Sulsel. Bukan hanya petani kakao saja, tetapi semua komoditas unggulan di Sulsel," ujarnya.

"Dan perlu diketahui masyarakat bahwa angka bantuan bibit serta pupuk yang diberikan selama Andi Sudirman menjadi gubernur adalah yang terbesar sepanjang sejarah bantuan diberikan Pemprov Sulsel," tandasnya.
(UMI)
Berita Terkait
Berita Terbaru