UIN Alauddin Makassar 5 Besar PTKN Terbaik Versi AD Scientific Index 2025

Luqman Zainuddin
Rabu, 25 Sep 2024 16:43
UIN Alauddin Makassar 5 Besar PTKN Terbaik Versi AD Scientific Index 2025
Rektor UIN Alauddin Makassar Prof Hamdan Juhannis. Foto: Humas UIN Alauddin
Comment
Share
GOWA - Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar berhasil meraih prestasi dengan menempati posisi kelima daftar Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) terbaik se-Indonesia versi AD Scientific Index 2025.

Dalam datar tersebut, UIN Alauddin merupakan perguruan tinggiin 4.279 dunia. Namun secara nasional, UIN Alauddin menempati posisi ke-80, baik perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Peringkat ini menunjukkan bahwa UIN Alauddin di bawah kepemimpinan Rektor Prof Hamdan Juhannis telah menunjukkan dedikasi luar biasa dalam bidang pendidikan dan riset.

Dalam pemeringkatan ini, UIN Sunan Gunung Djati Bandung menduduki peringkat pertama (2,137 dunia dan 20 Indonesia), diikuti UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (2,989 dunia dan 40 Indonesia), UIN Sumatera Utara (3,408 dunia dan 49 Indonesia), dan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (4,044 dunia dan 66 Indonesia).

Rektor UIN Alauddin Makassar Prof Hamdan Juhannis mengungkapkan apresiasi yang tinggi kepada seluruh sivitas akademika atas kerja keras dan dedikasi mereka.

"Pencapaian ini adalah bukti nyata dari komitmen kita bersama dalam memajukan pendidikan dan riset berbasis keislaman yang mampu bersaing di kancah global. Kami akan terus berinovasi dan berusaha mempertahankan kualitas ini di tahun-tahun mendatang," ujarnya.

AD Scientific Index merupakan lembaga pemeringkatan global yang menilai universitas berdasarkan performa ilmiah dan produktivitas peneliti.

Penilaian ini didasarkan pada Total H Index, yang mengukur jumlah karya ilmiah terindeks dan seberapa sering karya tersebut disitasi oleh peneliti lain di tingkat global.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru