PLN Dorong Transisi Energi Lewat Palopo Green Energy Expo 2024

Tim Sindomakassar
Kamis, 26 Sep 2024 12:47
PLN Dorong Transisi Energi Lewat Palopo Green Energy Expo 2024
Manager PLN UP3 Palopo, Rathy Shinta Utami saat menyerahkan hadiah kepada pelanggan PLN. Foto/Dok PLN
Comment
Share
PALOPO - Dalam rangka memperingati Hari Pelanggan Nasional (HPN), PT PLN (Persero) menyelenggarakan Palopo Green Energy Expo 2024 di Titik Nol, Kota Palopo, pada 19-21 September 2024. Mengusung tema "Green Energy", acara ini menampilkan pameran kelistrikan, tenant UMKM, dan hiburan Superstar Dangdut.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Palopo, Ade Chandra, mengaku bangga dan bersyukur atas setiap langkah dan upaya yang dilakukan oleh seluruh pemangku kepentingan dalam rangka pembangunan di Kota Palopo, khususnya oleh PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Palopo.

“Dengan adanya kegiatan seperti ini, roda perekonomian Kota Palopo, khususnya bagi pelaku UMKM, semakin terdongkrak,” jelas Ade Chandra.

Expo yang berlangsung selama tiga hari ini melibatkan tenant pameran kelistrikan, otomotif, dan 50 tenant UMKM. Salah satu yang menarik adalah kehadiran tenant mobil listrik dan peralatan listrik rumah tangga.

Antusiasme masyarakat tinggi, dengan pengunjung yang datang tidak hanya dari Kota Palopo, tetapi juga dari Luwu, Bone, dan Bulukumba.

Salah satu tenant UMKM, Bang Kumis, yang menawarkan minuman berbasis mesin kopi listrik, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada PLN UP3 Palopo.

“Saya berjualan kopi selama tiga hari berturut-turut. Alhamdulillah, pengunjung di tenant saya sangat banyak, bahkan selalu penuh. Terima kasih banyak PLN, semoga acara seperti ini sering diadakan,” kata dia.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat (UID Sulselrabar), Budiono, mengatakan Palopo Green Energy Expo 2024 merupakan kesempatan untuk mengajak masyarakat berperan aktif dalam mereduksi emisi karbon sebagai upaya menjaga lingkungan dan memitigasi dampak perubahan iklim.

“Kami menjalankan berbagai kampanye dan aksi nyata dalam transisi energi, demi memastikan masa depan yang lebih baik bagi generasi mendatang,” ujar Budiono.

Manager PLN UP3 Palopo, Rathy Shinta Utami, menambahkan bahwa Expo ini bertujuan mengajak masyarakat aktif mendukung semangat transisi energi dalam rangka perayaan Hari Pelanggan Nasional.

“Masyarakat mungkin telah merasakan dampak cuaca yang tidak menentu akibat pemanasan global. PLN telah memulai transisi energi melalui pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya dan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu di Sidrap dan Jeneponto,” jelas Rathy.

Ia juga mencatat bahwa PLN berhasil menjual 459 unit Renewable Energy Certificate (REC) yang setara dengan 459 Megawatt Hour (MWH) selama acara berlangsung.

“Kami berharap masyarakat mendukung PLN dan pemerintah dalam menggunakan peralatan listrik non-gas untuk mencapai target Net Zero Emission pada 2060,” pungkas Rathy.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru