Warga Balangdatu Curhat Kebutuhan Mendasar & Doakan IAS Pimpin Sulsel

Tri Yari Kurniawan
Senin, 05 Jun 2023 20:08
Warga Balangdatu Curhat Kebutuhan Mendasar & Doakan IAS Pimpin Sulsel
Sejumlah warga Desa Balangdatu, Kecamatan Kepulauan Tanakeke berfoto bersama Ilham Arief Sirajuddin alias IAS. Foto/Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Mengunjungi Kecamatan Kepulauan Tanakeke, Kabupaten Takalar memang bukan perkara mudah. Jika bukan karena keinginan bersua warga yang kuat, boleh jadi ancaman ombak tinggi selalu cukup jadi alasan membatalkan kunjungan.

Kandidat bakal calon gubernur Sulsel 2024, Ilham Arief Sirajuddin (IAS), mengakui hal itu saat berkunjung ke Desa Balangdatu, Kecamatan Kepulauan Tanakeke pada Senin (5/6/2023) hari ini.

IAS bertolak ke Tanakeke dari Dermaga Popsa, Makassar, pagi hari. Menggunakan speedboat, jarak tempuh sejam lebih dengan kecepatan rata-rata 36 knot (65 km/jam). Jika dari Takalar menggunakan perahu penumpang, jarak tempuh biasanya sejam dengan rata-rata kecepatan 13 knot (24 km/jam).



Uniknya, mantan wali kota Makassar 2004-2014 itu memutuskan untuk memegang kemudi speedboat. Ombak cukup tinggi tidak menghalanginya gasspol. "Saya jadi teringat ketika mengelilingi 11 pulau yang ada di wilayah Kota Makassar. Tidak jarang, saya sendiri yang pegang kemudi," kenang IAS.

Setelah menyelesaikan pertemuan di Desa Maccini Baji, IAS memilih mengemudikan motor VIAR tetimbang menggunakan motor untuk bergeser ke Desa Balangdatu. Di bak belakang, sejumlah tim rombongan duduk atau berdiri was-was.

Jarak sekira 3 KM ke desa Balangdatu ternyata tidak seindah yang dibayangkan. Badan jalan rata-rata satu meter atau semeter setengah. Ada jalan ketika Viar berpapasan motor, keduanya harus singgah. Motor dimiringkan agar bisa berlalu. Yang paling seru, jalannya begitu bergelombang, rusak.

"Saya kaget juga, karena ternyata ke Tanakeke itu ombaknya lumayan besar, eh di darat juga ternyata ombaknya juga sama besar," canda IAS di hadapan tokoh masyarakat Balangdatu dan warga.

"Tapi, saya tidak akan pernah tahu begini parahnya kalau tidak datang langsung. Itulah hikmahnya," sambung IAS.

Merespons itu, Kepala Desa Balangdatu, Saharuddin Dg Rawe menyebut infrastruktur jalan di Tanakeke memang menjadi salah satu prioritas utama. "Alhamdulillah Pak Ilham sudah melihat sendiri kondisi ini," katanya.

Kebutuhan prioritas lain, sambung Kades, adalah air bersih dan energi listrik. "Ketiga hal ini benar-benar membutuhkan perhatian pemerintah. Kami selaku pemerintahan desa tidak akan sanggup memenuhi semua kebutuhan itu tanpa sentuhan yang di atas," ujar Saharuddin.



Warga Balangdatu lalu kompak mendoakan sosok yang akrab disapa GubernurKu itu agar diberi kesempatan publik memimpin Sulsel 2024 mendatang. Toh, IAS sudah tahu dan paham betul tiga kebutuhan mendasar setelah mendengar curhat warga Desa Balangdatu.

"Kami doakan orang yang memimpin Sulsel ke depan adalah orang yang sudah melihat langsung kondisi di Balangdatu dan tahu betapa butuhnya warga bantuan untuk tiga hal itu. Apalagi, memang Pak Ilham cagub pertama yang menginjakkan kaki di Tanakeke," kata Dg Mali, tokoh masyarakat Balangdatu.
(TRI)
Berita Terkait
Bawaslu Sulsel Ingatkan Pantarlih Betul-betul Coklit di Rumah Pemilih
Sulsel
Bawaslu Sulsel Ingatkan Pantarlih Betul-betul Coklit di Rumah Pemilih
Anggota Bawaslu Sulsel, Saiful Jihad menegaskan proses pencocokan dan penelitian data pemilih (coklit) merupakan dasar tumpuan dari rangkaian proses berdemokrasi. Menurutnya, setiap warga yang telah memenuhi syarat sebagai pemilih, wajib dicoklit oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) agar tidak ada warga yang terabaikan.
Kamis, 04 Jul 2024 20:34
Bawaslu Sulsel Kumpulkan Komisioner & Kasek Perkuat Koordinasi Pilkada 2024
Sulsel
Bawaslu Sulsel Kumpulkan Komisioner & Kasek Perkuat Koordinasi Pilkada 2024
Bawaslu Provisi Sulawesi Selatan (Sulsel) mengumpulkan komisioner dan Kepala Sekretariat 24 kabupaten/kota untuk memperkuat koordinasi dan komunikasi berkaitan kesekretariatan menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 27 November 2024.
Kamis, 04 Jul 2024 11:35
Hadiri Rambu Solo Frederik Batong, IAS: Almarhum Sosok Peduli dan Perhatian
Sulsel
Hadiri Rambu Solo Frederik Batong, IAS: Almarhum Sosok Peduli dan Perhatian
Ilham Arief Sirajuddin (IAS) menghadiri pesta Rambu Solo’ Frederik Batong. Bersahabat sejak lama, IAS menyebut Frederik Batong sudah meninggalkan jejak kebaikan untuk daerah ini.
Rabu, 03 Jul 2024 17:46
Temui Pj Gubernur Sulsel, Bawaslu Bahas Kendala Pencairan Dana Hibah
Sulsel
Temui Pj Gubernur Sulsel, Bawaslu Bahas Kendala Pencairan Dana Hibah
Ketua Bawaslu Sulsel Mardiana Rusli menggelar pertemuan dengan PJ Gubernur Sulsel Prof, Zudan Arif Fakrulloh di Kantor Gubernur Sulsel, Makassar kemarin. Pertemuan tersebut membahas sejumlah perkembangan terkait pengawasan pemilihan serentak 2024.
Rabu, 03 Jul 2024 17:22
KPU dan Unhas Sebar 260 Mahasiswa KKN Tematik untuk Sosialisasikan Pilkada
Sulsel
KPU dan Unhas Sebar 260 Mahasiswa KKN Tematik untuk Sosialisasikan Pilkada
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) melakukan pembekalan KKN Tematik kepada 260 mahasiswa dari Kampus Universitas Hasanuddin (Unhas) di Hotel Claro Makassar pada Rabu (03/07). Mereka akan disebar ke 24 kabupaten/kota di Sulsel.
Rabu, 03 Jul 2024 17:14
Berita Terbaru