Pemerintah Kabupaten Gowa Pastikan Stok Hewan Kurban Aman

Herni Amir
Kamis, 22 Jun 2023 21:01
Pemerintah Kabupaten Gowa Pastikan Stok Hewan Kurban Aman
Sekkab Gowa, Kamsina, memastikan stok hewan kurban di wilayahnya aman untuk kebutuhan menjelang Idul Adha. Foto/Herni Amir
Comment
Share
GOWA - Pemkab Gowa memastikan stok hewan kurban pada pelaksanaan Idul Adha kali ini aman. Kepastian itu diperoleh setelah rapat dengan beberapa stakeholder terkait hal tersebut.

Sekkab Gowa, Kamsina, mengatakan untuk sapi tersedia 6.000 ekor dan kambing 800 ekor. Merujuk data itu jika diperhatikan dari seluruh tempat-tempat untuk penyediaan hewan kurban artinya Gowa masih aman.



"Kami tidak khawatir lagi terkait stok hewan kurban untuk masyarakat Kabupaten Gowa," ungkapnya.

Lanjutnya, terkait untuk pemeriksaan hewan kurban, Dinas Peternakan dan Kesehatan Provinsi Sulsel telah menyiapkan tim dokter untuk memeriksa dan melihat bagaimana keadaan hewan kurban.

Selain itu, di Kabupaten Gowa juga ada Rumah Potong Hewan yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.



"Jadi jika masyarakat ingin menyembelih di RPH boleh saja. Namun seyogyanya biasanya masyarakat ingin hewan kurbannya disembelih di rumah masing-masing karena dekat dengan keluarganya," paparnya.

Karena itu, pihaknya juga telah melakukan pertemuan dengan seluruh PHBI untuk memantau lokasi-lokasi penyembelihan hewan dan menyampaikan tata cara menyembelih hewan yang benar sesuai syariat agama kepada para penyembelih hewan kurban.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru