Pilkades Serentak di Wajo Akan Digelar 23 Oktober 2023

Reza Pahlevi
Rabu, 02 Agu 2023 12:34
Pilkades Serentak di Wajo Akan Digelar 23 Oktober 2023
Bupati Wajo Amran Mahmud saat rapat koordinasi Pilkades serentak 2023. Foto: SINDO Makassar/Reza Pahlevi
Comment
Share
WAJO - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Wajo akan digelar pada 23 Oktober 2023. Hal itu disampaikan Bupati Wajo Amran Mahmud saat rapat koordinasi Pilkades serentak 2023 di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Bupati, Selasa kemarin.

Menurut Amran, pelaksanaan Pilkades serentak perlu mendapat dukungan dari semua pihak. Alasannya karenan Februari 2024 Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) juga akan digelar.

"Kami terus melakukan kajian dan pendalaman terkait dengan Pilkades serentak 2023 ini untuk 26 desa, sehingga Pemkab meyakini kalau pelakasaan Pilkades bisa dilaksanakan tahun ini," ujarnya.

Orang nomor satu di Kabupaten Wajo itu menyampaikan apresiasi kepada pihak Polres Wajo dan Kodim 1406/Wajo atas dukungannya untuk pelaksanaan Pilkades serentak tahun ini.



"Kami harapkan kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) bahwa dalam pelaksanaan Pilkades serentak ini butuh langkah startegis dan persiapan yang matang agar bisa berjalan aman dan damai karena pelaksanaannya di tengah tahun politik," harapnya.

Bahkan Amran berkeyakinan ini dengan dukungan Forkopimda, Pilkades serentak 2023 ini akan berjalan aman dan damai. Apalagi Wajo ini merupakan salah-satu peletak dasar demokrasi Wajo di dunia. Bahkan pada masa kerajaan memang sudah mengenal demokrasi.

Wakapolres Wajo Kompol Muhtar mengatakan, pantauan Kamtibmas selama ini masih berjalan aman dan damai, makanya Polres Wajo siap mengawal pelaksanaan Pilkades serentak tahun ini.

Dalam pelaksanaannya nanti, lanjutnya, dibutuhkan sinergi masyarakat pemerintah. Pasalnya dalam mengawal Pilkades tersebut, pihaknya berpedoman pada SOP mulai dari tahapan sampai selesai.



"Kami mohon dukungan dari Pemkab dalam kegiatan kami nantinya, karena pola kami dalam mengawal Pilkades serentak ini akan menempatkan 3 personil dalam 1 TPS," pungkas Muhtar.

Senada, Pasi Intel Kodim 1406 Wajo, Letnan Nawir juga menyatakan kesiapan Kodim 1406 mendukung program pemerintah yang salah satunya menyukseskan Pilkades serentak 2023. Nawir menyebutkan bahwa, kekuatan porsonil Kodim 1406 Wajo yang kapan saja dibutuhkan sebanyak 254 orang.

Berikut 26 desa di 9 kecamatan di Kabupaten Wajo yang akan menggelar Pilkades

Kecamatan Pitumpanua
1. Desa Jauh pandang
2. Kompong
3. Lompo Bulo
4. Lacinde
5. Alelebbae
6. Buriko
7. Botto Tengnga
8. Maccolliloloe
9. Bulu Siwa
10. Bau-Bau
11. Kalaku
12. Mattirowalie
13. Padang Loang

Kecamatan Keera
14. Desa Keera
15. Desa Awota

Kecamatan Belawa
16. Desa Leppangeng

Kecamatan Takkalalla
17. Desa Parigi

Kecamatan Tanasitolo
18. Desa Wewangrewu
19. Wae Tuwo

Kecamatan Bola
20. Desa Raja Mawellang

Kecamatan Penrang
21. Desa Temmabarang
22. Benteng

Kecamatan Sabbangparu
23. Desa Ugi
24. Salotengnga

Kecamatan Pammana
25. Tonrong Tengnga
26. Lampulung
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru