Antisipasi Pasien Caleg Gagal, RSUD Andi Makkasau Siapkan Rujukan

Darwiaty Dalle
Rabu, 14 Feb 2024 21:07
Antisipasi Pasien Caleg Gagal, RSUD Andi Makkasau Siapkan Rujukan
Nakes RS Dadi Makassar mempersiapkan tempat tidur untuk pasien kejiwaan caleg gagal. RSUD Andi Makkasau menyiapkan rujukan bagi caleg yang terganggu kejiwaannya. Foto: Muchtamir Zaide
Comment
Share
PAREPARE - Meski belum memiliki layanan khusus, RSUD Andi Makkasau Kota Parepare tetap siap melayani pasien yang terdampak Pemilu 2024, khususnya bagi calon legislatif (caleg) gagal yang terganggu kejiwaannya.

Direktur RSUD Andi Makkasau Renny Anggraeny Sari mengemukakan, meski pada Pemilu sebelumnya tidak ada pelayanan kesehatan kejiwaan bagi caleg gagal, namun manajemen rrumah sakit tetap menyiagakan tenaga kesehatan.

"Tetap kita layani. Jika pasien jalani rawat jalan, masih bisa kita kawal terus layanannya, namun jika tidak memungkinkan dan harus dirujuk, maka akan kita beri rujukan ke Makassar, pada rumah sakit khusus," jelas Renny.

Diakui Renny, rumah sakit tipe B yang dipimpinnya belum memiliki layanan rawat inap, khusus jiwa. Yang ada kata dia, layanan rawat jalan, karena keterbatasan tenaga dokter.

"Hanya ada satu dokter jiwa, yang polinya buka tiap hari Selasa. Tapi hanya untuk rawat jalan," ujarnya.

Ditambahkan Renny, pelayanan yang diberikan berupa layanan awal jika ada pasien yang terindikasi stres karena Pemilu. Setelah melalui pemeriksaan, baru akan ditentukan, apakah pasien harus dirujuk atau sebatas rawat jalan.

"Kalau dirujuknya itu, tentu di RSJ Dadi Makassar," katanya.

Namun, kata Renny lagi, sepanjang pelaksanaan Pemilu selama ini, Parepare terbilang tak ada catatan untuk pasien jiwa dampak pemilu, khususnya Pileg.

"Untuk saat ini belum ada laporan. Tapi memang, catatan kami belum pernah ada pasien terindikasi pada setiap pelaksanaan Pemilu. Karena Parepare selalu kondusif," tandasnya.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru