Rekap Makassar Tuntas, FTA Deklarasi Kemenangan Duduk di DPRD Sulsel

Tim Sindomakassar
Kamis, 07 Mar 2024 21:57
Rekap Makassar Tuntas, FTA Deklarasi Kemenangan Duduk di DPRD Sulsel
Tim Pemenangan FTA Center deklarasi kemenangan Fadel Tauphan Ansar duduk di DPRD Sulsel. Foto: Muhaimin
Comment
Share
MAKASSAR - Tim Pemenangan Fadel Muhammad Tauphan Ansar (FTA) Center mendeklarasikan kemenangan pada Pileg 2024.

Ketua Tim Pemenangan FTA Center, Chandra Utama menyatakan caleg asal Partai Gerindra, Fadel Tauphan Ansar dipastikan duduk menjadi Anggota DPRD Sulsel Periode 2024-2029.

Bukan cuma mengisi satu kursi dari Dapil I Sulsel, Fadel juga disebut menjadi peraih suara terbanyak di internal partai Gerindra yang diisi oleh 9 orang. Termasuk mengungguli raihan suara petahana, Edward Horas.

"Kami berani mendeklarasikan kemenangan Fadel karena sekitar sejam yang lalu, rekapitulasi di tingkat Kota Makassar telah rampung. Dan kecamatan terakhir yang terakhir direkap ialah Kecamatan Tamalate," kata Chandra, saat jumpa pers di Posko FTA Center, Hotel Demelia, Jalan Nikel Raya, pada Kamis (7/3/2024) sore.

Ia menjamin, informasi yang disampaikan telah sesuai dengan hasil rekapitulasi berjenjang KPU pada form C dan D di Kota Makassar. Hanya saja, Chandra belum mau mengumumkan perolehan suara Fadel secara rinci.

"Karena kami juga menghormati, masih ada proses tahapan rekapitulasi yang berjalan, yakni di tingkat provinsi. Tapi di tingkat kota sudah rampung, yang mana merupakan dapil dari Fadel," jelasnya.

Chandra juga mengungkap, bila Fadel yang merupakan pendatang baru pada kancah perpolitikan sukses memberi kejutan. Selain berhasil mengalahkan peraihan suara petahan, Fadel juga menduduki suara terbanyak ketiga dari seluruh caleg di Dapil I (Makassar A).

"Peraih suara terbanyak pertama itu Andi Rachtika Dewi atau Cicu dari Partai NasDem. Lalu Munafri Arifuddin atau Appi dari Partai Golkar. Dan suara terbanyak ketiga Fadel," ungkapnya.

Kendati demikian, Chandra menyatakan, Fadel merupakan peraih kursi kedua di dapil tersebut. Kursi pertama diisi oleh Partai NasDem.

Chandra juga mengungkap data internal yang dihimpun timnya untuk partai apa saja yang mengisi 9 kursi di DPRD Sulsel dari Dapil I.

"Yang pasti, NasDem dan Gerindra mendapat 2 kursi. NasDem mengisi kursi pertama dan kursi keenam. Lalu Partai Gerindra yang mengisi kursi kedua dan terakhir atau kursi kesembilan," ungkap Chandra.

Chandra sengaja mengumumkan lebih dulu perolehan suara Fadel di Pileg 2024. Alasan pertama, lantaran proses rekapitulasi di tingkat Kota Makassar telah rampung.

"Dan yang kedua agar rekapitulasi itu terkawal dengan baik hingga proses akhir nantinya. Apalagi, harus diakui, ada beberapa perubahan data suara kami di internal selama proses berjalan. Dan perubahan data itu sedikit cukup merugikan pihak kami," ungkap Chandra.

Untuk itu, ia mengajak semua pihak untuk terus mengawal proses rekapitulasi KPU hingga benar-benar fina dan mengikat.

Berikut raihan suara partai politik yang mengisi kursi Dapil I Sulsel untuk DPRD Sulsel berdasarkan data internal FTA Center:

1. NasDem 82.853
2. Gerindra 73.683
3. Golkar 48.965
4. PDIP 36.921
5. Demokrat 35.430
6. PKS 33.160
7. NasDem (2) 27.617
8. PKB 27.707
9. Gerindra (2) 24.561
(UMI)
Berita Terkait
Berita Terbaru