Pemkab Gowa Akan Buka Program Mahasantri Gelombang Kedua

Herni Amir
Selasa, 07 Mei 2024 16:37
Pemkab Gowa Akan Buka Program Mahasantri Gelombang Kedua
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan membuka kegiatan Rapat Koordinasi Bidang Pendidikan Tahun Anggaran 2024, baru-baru ini. Foto: SINDO Makassar/Herni Amir
Comment
Share
GOWA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa siap melanjutkan program mahasantri. Pendaftaran gelombang kedua pun segera dibuka.

"Saya sudah menginstruksikan bahwa APBD tahun depan, Dinas Pendidikan harus kembali melakukan rekruitmen untuk peserta Mahasantri gelombang kedua," ungkap Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan saat membuka kegiatan Rapat Koordinasi Bidang Pendidikan Tahun Anggaran 2024 Tingkat Kabupaten Gowa di Fashion Hotel Legian, Kabupaten Badung, Provinsi Bali.

Karena itu, Dinas Pendidikan juga harus bisa memastikan bahwa mereka yang lulus seleksi dalam program mahasantri tersebut, pembayaran uang kuliahnya hingga selesai delapan semester, juga harus langsung diselesaikan.



Sebagai informasi, Program Mahasantri merupakan implementasi dari Program Pendidikan Kabupaten Gowa yaitu, satu desa/kelurahan satu sarjana dan satu desa/kelurahan satu hafiz. Program ini menggandeng UIN Alauddin.

Adapum mahasiswanya berasal dari seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Gowa. Program ini merupakan satu-satunya yang ada di Sulsel maupun di Indonesia.

“Melalui Program Mahasantri ini, Pemerintah Kabupaten Gowa telah mendapatkan apresiasi dari pemerintah pusat yang merupakan penghargaan Dwija Praja Nugraha pada Peringatan HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dihadapan Bapak Presiden RI,” bebernya.



Tak hanya itu, seluruh Mahasantri ini juga persiapkan untuk menjadi para imam desa, imam kelurahan, hingga menjadi P3K guru agama di Kabupaten Gowa di masa yang akan datang.

"Mereka ini sudah mempunyai ilmu pengetahuan akademik yang baik dan penghafal Al Quran, maka anak-anak dan cucu-cucu bqpqk ibu sekalian akan diajar oleh orang yang memiliki pengetahuan yang baik," ucapnya.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru