Semarak Jambore RAPI di Lutim: Diikuti Ratusan Peserta dari Sulsel hingga Sultra

Tri Yari Kurniawan
Sabtu, 01 Jun 2024 17:29
Semarak Jambore RAPI di Lutim: Diikuti Ratusan Peserta dari Sulsel hingga Sultra
Ketua RAPI 24 Sulsel Ilham Arief Sirajuddin bersama Bupati Lutim Budiman saat menghadiri Jambore Penggiat Radio & Auto Gathering di Lapangan Karebosi Sorowako. Foto/Istimewa
Comment
Share
SOROWAKO - Pengurus Daerah (PD) Radio Daerah Antar Penduduk Indonesia (RAPI) 24 Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar Jambore Penggiat Radio & Auto Gathering di Lapangan Karebosi Sorowako, Kabupaten Luwu Timur (Lutim) Jumat-Minggu (31 Mei-2 Juni 2024). Kegiatan ini berlangsung semarak, diikuti ratusan peserta.

Kurang lebih ada 250 peserta, tidak hanya dari pengurus RAPI se-Sulsel, tapi juga ada dari provinsi tetangga yakni Sulawesi Tenggara (Sultra). Di antaranya dari Kendari, Kolaka, dan Kolaka Utara.

Ketua RAPI 24 Sulsel, Ilham Arief Sirajuddin (IAS), menghadiri langsung kegiatan tersebut. Jambore RAPI kali ini merupakan yang kedua diselenggarakan di masa kepemimpinan IAS. Sebelumnya, sukses digelar di Pangkep sekitar dua tahun lalu.

Kala itu, RAPI Lutim keluar sebagai juara umum dan selanjutnya diamanahkan menjadi tuan rumah. IAS mengapresiasi totalitas RAPI Lutim dalam menyukseskan gelar jambore. Buktinya, kegiatan berlangsung semarak, dihadiri banyak peserta dan para pejabat setempat. Bupati Lutim Budiman turut hadir bersama Wakapolres dan perwakilan PT Vale.

"Jambore RAPI di Lutim ini sempurna. Dari sisi jumlah peserta sangat banyak, bahkan ada dari luar Sulsel yakni Kendari, Kolaka dan Kolut (Kolaka Utara). Dukungan pemerintah dan stakeholder setempat juga sangat luar biasa, di sini ada Bupati Luwu Timur yang meluangkan waktu hadir di tengah kesibukan roadshow wisata," kata dia.

Eks Wali Kota Makassar itu berharap sinergi dan kolaborasi yang telah terjalin baik antara RAPI bersama Pemkab Lutim dan stakeholder dapat berlanjut, bahkan ditingkatkan.

Ketua RAPI Lutim, Saiful Amsal, pada kesempatan itu menekankan urgensi kehadiran RAPI di tengah masyarakat. Ia mengenang pelaksanaan simulasi tanggap bencana menggunakan jaringan seluler. Latihan berantakan gegara sinyal buruk.

Saiful lantas mengusulkan penggunaan radio yang memang jauh lebih efektif, apalagi di lokasi bencana. Olehnya itu, kehadiran RAPI menjadi sangat vital dan merupakan salah satu garda terdepan tatkala terjadi bencana.

"Radio itu, asal ada baterai, sudah bisa berkomunikasi. Nah, di daerah bencana radio seringkali lebih efektif ketimbang ponsel," katanya.

Sementara itu, Bupati Lutim, Budiman, mengapresiasi pelaksanaan kegiatan Jambore RAPI di Bumi Batara Guru. Ia pun memastikan mendukung dan butuh sinergitas dengan berbagai pihak, termasuk RAPI dalam membangun daerahnya.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru