Jelang Idul Adha Penjualan Hewan Kurban di Maros Laris Manis

Najmi S Limonu
Rabu, 05 Jun 2024 15:45
Jelang Idul Adha Penjualan Hewan Kurban di Maros Laris Manis
Penjualan hewan kurban di Kabupaten Maros mulai meningkat jelang Idul Adha. Foto: SINDO Makassar/Najmi S Limonu
Comment
Share
MAROS - Permintaan sapi kurban jelang Idul Adha 1445 H di Kabupaten Maros, Sulawesi selatan, mengalami peningkatan signifikan.

Salah satu peternak dan pedagang sapi di Desa Moncongloe Induk, Kecamatan Moncongloe, Mansyur mengaku jumlah pembeli mengalami peningkatan dari tahun kemarin.

Mansyur mengaku dua pekan jelang hari Idul Kurban, sapi yang ia jual laris manis terjual.

"Alhamdulillah dua pekan ini semakin banyak yang laku terjual, sudah 58 ekor, dari stok 64 ekor yang tersedia sekarang," jelasnya.

Mansyur menyebut sapi yang paling banyak dicari yakni berbagai macam sapi jumbo.

"Paling banyak dicari itu sapi jumbo seperti limosin, bali dan simental, cuma di sini masih terbatas jumlahnya karena sapi-sapi ini butuh perawatan khusus utamanya pada pakan," terangnya.

Untuk harga sapi kurban yang dijual peternakan Mansyur berkisar Rp10 sampai Rp30 jutaan, tergantung jenis dan bobot sapi.

Guna mengantisipasi adanya hewan ternak yang sakit, seluruh sapi kurban di sini, rutin dilakukan pemeriksaan kesehatan dan pemberian pakan serta vitamin.

"Di sini pemeriksaan kesehatannya 3x sebulan, pakan dan vitaminnya juga khusus, semua kita lakukan demi kenyamanan konsumen," tambahnya.

Sementara itu salah seorang pembeli bernama Lukman mengaku hampir setiap tahunnya memesan sapi kurban disini.

"Tiap tahun pesan sapi disini, harganya terjangkau, kualitas peternakannya juga bersih sapinya sangat terawat dengan baik makanya sudah langganan," terangnya.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru