902 PPPK Gowa Ikut Orientasi, Diharap Jadi Aparatur Disiplin dan Kompetitif

Herni Amir
Rabu, 17 Jul 2024 16:51
902 PPPK Gowa Ikut Orientasi, Diharap Jadi Aparatur Disiplin dan Kompetitif
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan bersama salah seorang PPPK. Foto: SINDO Makassar/Herni Amir
Comment
Share
GOWA - Sebanyak 902 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Pemerintah Kabupaten Gowa pada formasi 2022 mengikuti Orientasi Pengenalan Fungsi dan Tugas ASN Bagi PPPK.

Bekerja sama Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sulawesi Selatan, kegiatan ini dibuka resmi Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan di Lapangan Upacara Kantor Bupati Gowa, Rabu (17/7).

Adnan mengatakan bahwa berdasarkan UU nomor 20 tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), yakni PPPK memberikan hak yang sama dengan ASN. Olehnya itu, dirinya menekankan bahwa PPPK bukanlah ASN nomor dua, tetapi memilki hak tugas dan tanggung jawab yang sama dengan ASN.

“Jadi anda jangan sampai minder dengan ASN. PPPK adalah warga negara yang telah memenuhi syarat untuk diangkat berdasarkan perjanjian kerja dalam waktu tertentu dalam rangka menjalankan tugas pemerintahan,” ujar Adnan.

Ia berharap, agar seluruh PPPK yang mengikuti orientasi ini agar dapat mengikuti dengan sebaik-baiknya. Sehingga, mampu menjadi ASN yang disiplin, kompetitif melalui penerapan nilai-nilai dasar ASN Berakhlak dalam menghadapi persaingan.

"Semoga dengan orientasi ini PPPK dapat meningkatkan kualitasnya, selalu upgrade ilmunya dan menjadi ASN yang inovatif tidak monoton yang pada gilirannya akan terbentuk aparatur yang memiliki keahlian dan keterampilan serta mampu berperan sebagai motivator,” harapnya.

Adnan menjelaskan bahwa dalam perjanjian kerja PPPK setiap daerah berbeda-beda. Dirinya menyebutkan ada pemerintah daerah yang membuat kontrak 1 tahun, 2 tahun dan lain sebagainya yang kemudian akan dilakukan evaluasi.

“Khusus kita di Kabupaten Gowa membuat perjanjian kerja PPPK untuk jangka 1 tahun kedepan, dalam pelaksanaan setiap tahun akan dilaksanakan evaluasi kinerja sebagai bahan pertimbangan perpanjangan kontrak antara Pemerintah Daerah dengan PPPK,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Gowa, Zubair Usman menyebutkan jumlah PPPK Formasi tahun 2022 yang akan mengikuti orientasi sebanyak 902 orang.

“Sebanyak 902 orang ini tersebar dibeberapa SKPD, namun yang terbesar itu yang ada di pelayanan dasar, seperti SKPD pendidikan, dan SKPD kesehatan,” ungkapnya.

Zubair Usman menjelaskan, masa orientasi akan dilaksanakan sekitar 1 (satu) bulan dengan metode blended learning yaitu luring dalam kelas, dan daring melalui zoom meeting.

“Insyaallah 902 ini akan terbagi menjadi 22 angkatan, dan per-angkatan kurang lebih 3 hari tatap muka, sisanya dalam jaringan,” tambahnya.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru