home ekbis

PT Vale Tingkatkan Penggunaan Biomassa dalam Transisi Energi Berkelanjutan

Senin, 23 September 2024 - 16:07 WIB
PT Vale Indonesia telah memiliki roadmap untuk penggunaan biomassa dimulai sejak 2023, dengan target penerapan penuh pada 2027. Foto/Dok PT Vale
Industri pertambangan, khususnya nikel, diharapkan dapat berkontribusi dalam transisi energi berkelanjutan. Badan Energi Internasional (IEA) memprediksi permintaan nikel akan meningkat 65% pada 2030. Indonesia, sebagai produsen nikel terbesar, dituntut untuk menerapkan praktik penambangan berkelanjutan.

PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) telah memulai langkah ini dengan meningkatkan penggunaan biomassa di pabrik pengolahan bijih nikel. Head of Institutional Relations and Permit PT Vale, Budiawansyah, mengungkapkan roadmap untuk penggunaan biomassa dimulai sejak 2023, dengan target penerapan penuh pada 2027.

“Penggunaan biomassa sudah diterapkan dengan mengganti reduktor di kiln menjadi biomassa. Saat ini kami telah melakukan trial hingga 50% biomassa sebagai redaktan pada tanur pereduksi dan 20% biomassa sebagai burner pada coal mill. Pada 2024 ini, kami akan melakukan long trial 10% biomass sebagai redaktan pada tanur pereduksi,” kata dia, dalam Talk Show "Energy Transition For Accelerating NDC 2030 Target" di Balikpapan, belum lama ini.

Selain itu, PT Vale juga beralih ke LNG untuk bahan bakar pengering dan kiln, serta memanfaatkan pemulihan off-gas. "Dalam uji coba terbaru, kami berhasil memanfaatkan hingga 50% biomassa di tanur pereduksi dan 20% sebagai burner di coal mill,” tuturnya.

Perusahaan ini mengoptimalkan penggunaan energi terbarukan dengan mengoperasikan tiga Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) yang memenuhi 100% kebutuhan energi tanur peleburan.

Dengan kapasitas total 365 MW, inisiatif ini memungkinkan pengurangan signifikan dalam penggunaan bahan bakar fosil. Budiawansyah mencatat bahwa penggunaan biodiesel B30 dapat mengurangi emisi sekitar 700.000 ton CO2eq pada 2030.

Reklamasi lahan pasca-tambang juga menjadi fokus utama. Hingga Agustus 2024, PT Vale telah melakukan reklamasi seluas 3.818 hektare, menanam 700.000 bibit pohon per tahun, dengan 60% dari bibit tersebut merupakan pohon lokal, termasuk spesies endemik seperti eboni, dengen, dan kaloju.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya