home ekbis

LPS Jadikan Riset sebagai Masukan Utama dalam Menyusun Kebijakan

Kamis, 17 Oktober 2024 - 16:54 WIB
Wakil Ketua Dewan Komisioner LPS, Lana Soelistianingsih, menyampaikan sambutan saat Seminar LPS Research Fair 2024 yang dihelat di Jakarta, Rabu (16/10/2024) kemarin. Foto/Dok LPS
Sayembara riset bertajuk Lembaga Penjamin Simpanan Call For Research (LPS CFR) 2024 telah menghasilkan para pemenang. Antusiasme masyarakat tahun ini meningkat, terlihat dari jumlah paper yang masuk sebanyak 294, dibandingkan 220 pada tahun 2023.

Tema yang diangkat tahun ini adalah 'Peluang dan Tantangan Sektor Keuangan Dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional yang Berkelanjutan di Tengah Perlambatan Ekonomi Global'.

Wakil Ketua Dewan Komisioner LPS, Lana Soelistianingsih, menekankan pentingnya riset. Diakuinya, riset menjadi salah satu instrumen bagi LPS dalam menyusun kebijakan.

“Hal ini merupakan kebanggaan bagi kami karena minat masyarakat untuk meneliti, khususnya terkait peran penjaminan simpanan dan resolusi semakin meningkat. Kami berharap berbagai literatur berkualitas tersebut dapat berfungsi sebagai masukan bagi kami dalam menyusun suatu kebijakan, dan agar masyarakat dapat lebih mengenal peran dan fungsi LPS,” ujar Lana Soelistianingsih, di Seminar LPS Research Fair 2024 yang dihelat di Jakarta, Rabu (16/10/2024) kemarin.

LPS sangat terbuka terhadap masukan dari berbagai kalangan, termasuk akademik, dalam mendukung tugas dan fungsinya. LPS CFR 2024 adalah agenda tahunan yang memberikan wadah bagi peneliti, akademisi, profesional, dan masyarakat luas untuk menulis karya ilmiah terkait peran dan fungsi LPS.

Seminar ini juga dihadiri oleh Prof. Iwan Jaya Azis dari Cornell University, yang menyampaikan materi tentang “Membangun Ekonomi Nasional yang Berkelanjutan melalui Peran UMKM.”

Selain sesi seminar, pada LPS CFR 2024 diumumkan para juara dari berbagai kategori subtema, berikut daftarnya:
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya