home ekbis

Momen RAFI 2023, Telkomsel Regional Sulawesi Prediksi Trafik Internet Tumbuh 8,52%

Selasa, 28 Maret 2023 - 19:41 WIB
Manajemen Telkomsel Regional Sulawesi menjelaskan sejumlah titik point of interest posko Telkomsel Siaga #NyalakanKebersamaan, Ramadan dan Idul Fitri 1444 H di Baruga Telkomsel. Foto/Muchtamir Zaide
Telkomsel Regional Sulawesi memprediksi trafik internet atau layanan data (broadbrand) mengalami pertumbuhan 8,52 persen pada momen Ramadan dan Idul Fitri 1444 H (RAFI 2023). Meski demikian, trafik layanan panggilan suara (voice call) diproyeksi mengalami penurunan sebesar 5,69 persen dan layanan pesan singkat (SMS) turun sekira 11,66 persen.

General Manager Region Network Operations and Productivity Telkomsel Regional Sulawesi, Muhammad Idham Kadir, mengungkapkan lonjakan trafik internet diperkirakan dari pertumbuhan aktivitas digital masyarakat selama RAFI 2023. Di antaranya yakni layanan streaming video tumbuh 8,6 persen, layanan mobile gaming naik 68,9 persen, akses browsing melonjak 2,4 persen, dan akses layanan e-commerce meningkat 20,9 persen.

Baca Juga:Telkom Raup Pendapatan Rp147,31 Triliun dan Laba Bersih Rp25,86 Triliun

Guna mengantisipasi pergerakan trafik selama momen RAFI 2023 ini, keseluruhan optimalisasi kualitas, kapasitas, serta pemutakhiran teknologi jaringan Telkomsel difokuskan pada 18 Point of Interest (POI) di berbagai wilayah Sulawesi dan Maluku Utara. POI tersebut mencakup 1 area residensial, 13 area spesial (pusat pelayanan publik, alun-alun kota, dan pusat perbelanjaan), serta 4 masjid raya.

"Penguatan kapabilitas infrastruktur jaringan yang mendukung 18 POI juga telah dilakukan melalui peningkatan kapasitas 651 BTS 4G/LTE dan 6 BTS 5G. Telkomsel sejak 2022 secara bertahap dan terukur telah melakukan proses upgrade seluruh jaringan 3G ke 4G/LTE di 91 kota/kabupaten dan berlanjut hingga tahun ini," kata dia, kemarin.

Proyeksi lonjakan trafik internet oleh Telkomsel berbanding lurus dengan prediksi Kementerian Perhubungan RI mengenai pergerakan masyarakat selama Lebaran 2023. Diperkirakan mencapai 123,8 juta atau tumbuh 14,2 persen, dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

General Consumer Sales Telkomsel Regional Sulawesi, Andri Kurniawan, mengungkapkan pihaknya memastikan ketersediaan produk dan layanan unggulan, serta menghadirkan berbagai program loyalitas serta promo produk dan layanan yang customer-centric. Semuanya bermuara untuk mendukung kemudahaan akses aktivitas dan gaya hidup digital masyarakat di momen RAFI 2023.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Topik Terkait :
telkomsel trafik internet
Berita Terkait
Berita Lainnya
berita lainnya