home ekbis

Penerima Beasiswa LPDP Sosialisasi Penggunaan QR Code ke UMKM

Rabu, 07 Juni 2023 - 15:33 WIB
Suasana sosialisasi penggunaan QRIS kepada pelaku UMKM di Pasar Karangwaru, Yogyakarta, Selasa (6/6/2023). Foto: Istimewa
Penerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) angkatan 203 (PK-203) melakukan sosialisasi penggunaan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) ke pelaku UMKM di Pasar Karangwaru, Yogyakarta, Selasa (6/6/2023).

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka persiapan keberangkatan menempuh pendidikan lebih lanjut. Proyek sosial ini dilaksanakan guna meningkatkan transformasi digital di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Diluncurkan pada tahun 2019, metode pembayaran digital berbasis non-tunai QRIS dapat mendukung pertumbuhan ekonomi digital sekaligus meningkatkan perkembangan UMKM di Indonesia. Transaksi dengan QRIS dapat memberikan kenyamanan, keamanan dan kemudahan bagi para penjual dan pembeli.

Digitalisasi ini juga dapat mendorong efisiensi dari sektor perekonomian, mempercepat keuangan secara inklusif serta mencapai pemulihan ekonomi secara nasional.

Baca juga: Kenalkan UMKM Milenial ke Mahasiswa, GMC Gelar Pelatihan Merajut Benang

Namun, salah satu kendala perluasan QRIS adalah pemahaman masyarakat soal keuangan digital yang masih kurang dan belum merata. Oleh karenanya, diperlukan sosialisasi dan edukasi secara konsisten kepada seluruh lapisan masyarakat, khususnya bagi pelaku UMKM di kelas menengah ke bawah.

Pasar Karangwaru di Jalan Magelang, Kelurahan Karangwaru, Kecamatan Tegalrejo, Yogyakarta menjadi target utama proyek sosial ini karena beberapa alasan. Pasar ini terletak di lokasi strategis di tengah kota Yogyakarta serta menjadi tujuan favorit masyarakat lokal maupun luar kota dengan omset per-kios dapat mencapai Rp3 juta hingga Rp4 juta per hari.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Topik Terkait :
umkm quick response indonesia standar (qris) lpdp
Berita Terkait
Berita Lainnya
berita lainnya