home ekbis

PLN UID Sulselrabar Fasilitasi Pelatihan Konversi Motor Listrik untuk UMKM di Makassar

Rabu, 07 Juni 2023 - 17:45 WIB
Sejumlah peserta tampak serius saat mengikuti praktik program pelatihan konversi motor BBM ke motor listrik yang difasilitasi oleh PLN UID Sulselrabar. Foto/Tri Yari Kurniawan
PT PLN (Persero) UID Sulselrabar memfasilitasi pelaksanaan pelatihan konversi motor BBM ke motor listrik di Bikin-bikin Creative Hub, Nipah Mall, Kota Makassar, Rabu (7/6/2023). Sebanyak 15 UMKM, khususnya pengusaha bengkel ikut ambil bagian dalam kegiatan tersebut, yang digelar bekerja sama dengan Elders Elettrico.

Pelatihan konversi motor listrik ini bagian dari program TJSL yang dilaksanakan PLN Peduli. Kegiatan ini menunjukkan komitmen PLN sebagai pionir dalam mewujudkan ekosistem Molis (Mobil dan Motor Listrik). Kegiatan ini pun digelar dalam rangkaian PLN E-Motion: Electric Motorcycle Conversion Festival yang berlangsung sejak sehari sebelumnya.

Marketing Manager Elders Elettrico, Khisnuroni, menyampaikan pihaknya memberikan pelatihan berupa teori dan praktik kepada 15 UMKM agar mampu mengkonversi motor BBM menjadi motor listrik. Para peserta diakuinya mayoritas pengusaha atau pelaku usaha bengkel dan ada juga siswa SMK.

Baca Juga:PLN Motori Program Konversi di Makassar Demi Wujudkan Ekosistem Molis

Ia menjelaskan rata-rata motor BBM yang dikonversi pada pelatihan ini adalah jenis vespa. Meski demikian, pada dasarnya semua jenis kendaraan dapat dikonversi. Adapun waktu yang dibutuhkan untuk mengubah motor BBM ke motor listrik terbilang singkat. Hanya butuh tiga jam, namun harus memastikan kelayakan kendaraan terlebih dulu.

"Proses konversi dari setelah cek motor, memastikan body tidak ada kerusakan ya biasanya kurang lebih tiga jam," kata Roni-sapaan akrabnya.

Elders Elettrico sendiri rata-rata menggunakan motor BBM jenis Vespa, Honda C70, dan Honda Astrea Legenda. Toh, untuk tipe-tipe itu memang sudah dikuasai. Sedangkan, untuk tipe lain diakuinya butuh riset dan pengembangan lagi yang tentunya memerlukan waktu relatif cukup lama.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Topik Terkait :
pln uid sulselrabar umkm motor listrik
Berita Terkait
Berita Lainnya
berita lainnya