home lifestyle

Kalla Toyota Bagikan 15 Teknik Dasar Mengemudi Mobil Matik yang Aman & Nyaman

Senin, 27 Mei 2024 - 19:23 WIB
Pengoperasian mobil matik berbeda dengan mobil manual. Kalla Toyota membagikan 15 pengetahuan dasar mengemudi mobil dengan transisi otomatis. Foto/Ilustrasi/Istimewa
Mobil matik kian 'membanjiri' jalanan, khususnya di perkotaan. Mobil dengan transmisi matik kini menjadi primadona, karena dinilai lebih mudah dan nyaman dikendarai.

Meski demikian, terkadang masih banyak yang asal mengoperasikan mobil dengan transmisi otomatis. Sehingga ada potensi masalah, seperti tidak nyaman, mempercepat kerusakan komponen, hingga menyebabkan kecelakaan.

Nah, untuk mengendarai mobil matik tentunya butuh pengetahuan atau teknik dasar. Pengetahuan dasar itu sejatinya tidak berganti meskipun sekarang teknologi transmisi otomatis semakin canggih dan modern.

Dilansir dari laman resminya, Kalla Toyota membagikan 15 pengetahuan atau teknik dasar dalam mengendarai mobil matik yang wajib diketahui:

1. Tuas di P (Parkir) adalah posisi yang dianjurkan saat ingin menyalakan mesin, bahkan beberapa mobil tidak bisa dinyalakan jika tidak di P seperti di mobil matik Toyota. Aturan ini untuk menghindari risiko mobil melompat saat mesin dinyalakan.

2. Anda juga wajib menginjak pedal rem saat menyalakan mesin untuk menghindari risiko mobil bergerak karena alpa meletakkan tuas di P. Prosedur ini baku di semua mobil matik Toyota sehingga mesin tidak bisa dinyalakan jika diabaikan.

3. Biasakan untuk menginjak pedal rem ketika memindahkan tuas transmisi matik untuk menghindari risiko mobil melompat karena mobil jenis ini langsung menyalurkan tenaga begitu posisi gigi di D atau R. Ada kasus mobil matik terjun dari gedung parkir lantaran pengemudinya tidak paham pengetahuan ini.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya