home makassar city

Cahaya Ramadan: Ma'rifatullah Inti Ibadah

Sabtu, 25 Maret 2023 - 09:51 WIB
Dr Syamril. Foto: Dokumentasi pribadi
Dr Syamril S.T M.Pd

Rektor Institut Teknologi & Bisnis Kalla (ITB Kalla)

KEISLAMAN kita dapat dilihat dari dua sisi yaitu fisik dan ruhaniah. Dari sisi fisik bisa tampak pada pakaian. Jika ada perempuan memakai hijab atau cadar maka dapat dipastikan dia adalah muslimah. Jika ada laki laki yang memakai gamis, peci atau sorban maka dapat dipastikan itu adalah muslimin.

Selain dari sisi fisik bisa juga tampak pada perilaku ritual ibadahnya. Jika ada orang yang pergi ke masjid shalat berjamaah, ikut pengajian, membaca Al Qur'an, melaksanakan umroh dan haji, membayar zakat dan infak maka dapat dipastikan dia adalah orang Islam.



Apakah keislaman hanya cukup sampai pada fisik dan perilaku ritual? Ternyata tidak cukup. Harus juga tampak pada perilaku sosial. Bagaimana perlakuan dia pada keluarga, teman, tetangga, anak yatim, fakir miskin bahkan pada hewan dan tumbuh-tumbuhan. Inilah aspek akhlakul karimah.

Pendusta agama bukan hanya yang menyekutukan Allah serta mendustakan Rasulullah. Tapi juga orang yang memiliki perilaku anti sosial seperti tergambar di dalam Al Qur'an surat Al Ma'un ayat 1-3:
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Topik Terkait :
ramadan cahaya ramadan syamril
Berita Terkait
Berita Lainnya
berita lainnya