home makassar city

Cahaya Ramadan: Hanya Alat Bukan Tujuan

Kamis, 13 April 2023 - 11:19 WIB
Dr Syamril, Rektor Institut Teknologi & Bisnis Kalla (ITB Kalla). Foto: Dokumen pribadi
Dr Syamril S.T M.Pd

Rektor Institut Teknologi & Bisnis Kalla (ITB Kalla)

MENGIKUTI gonjang-ganjing berita di media akhir-akhir ini terkait pencucian uang Rp349 T, kisruh di KPK, juga koalisi calon Presiden tahun 2024, OTT Kemenhub tentang Kerata Api trans Sulawesi dan berita lainnya yang sedang hangat. Menarik untuk melakukan refleksi kehidupan. Dalam hidupnya manusia mengejar lima hal yaitu harta, tahta, citra, cinta dan wisuda. Kelima hal ini bisa menjebak manusia ke jalan yang salah. Itu terjadi jika kelimanya dijadikan sebagai tujuan, bukan alat.



Jika harta menjadi tujuan, maka manusia akan menghalalkan segala cara. Harta haram juga diambil apalagi yang syubhat. Maka lahirlah perilaku korupsi, mencuri, menerima sogokan, penipuan dan sejenisnya. Manusia tega mengambil yang bukan miliknya untuk memperkaya diri. Itulah yang terjadi pada para koruptor. Mereka korupsi bukan karena kebutuhan tapi karena keserakahan.



Jika tahta menjadi tujuan maka manusia juga akan sikut kiri sikut kanan, saling menjatuhkan. Membeli suara dengan money politics, manipulasi perhitungan suara, fitnah, menyebar hoaks untuk menjatuhkan lawan. Segala cara ditempuh asalkan bisa menang dalam pemilihan.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Topik Terkait :
ramadan cahaya ramadan syamril
Berita Terkait
Berita Lainnya
berita lainnya