home makassar city

Aksi Nyata Relawan Gesit untuk Anak-anak Kampung Pemulung TPA Antang

Minggu, 03 Desember 2023 - 18:13 WIB
Relawan Gesit Provinsi Sulawesi Selatan menggelar aksi nyata peduli pendidikan dan kesehatan bagi anak-anak di kampung pemulung TPA Antang. Foto/Tri Yari Kurniawan
Relawan Gesit Provinsi Sulawesi Selatan menggelar aksi nyata peduli pendidikan dan kesehatan bagi anak-anak di kampung pemulung TPA Antang, Kota Makassar, Minggu (3/12/2023).

Relawan yang berada di bawah Yayasan Salam Setara Amanah Nusantara itu membangun Rumah Belajar Setara. Lokasinya masih berada di dalam kawasan UPT TPA Antang, tepatnya di TK Pabbata Ummi.

Setiap akhir pekan, puluhan anak kampung pemulung diajar membaca, menulis, dan menghitung alias calistung. Kegiatan belajar mengajar itu telah berlangsung hampir dua bulan, tepatnya sejak 12 Oktober 2023.

Hari ini, Relawan Gesit menggelar aksi spesial menyambut Hari Sukarelawan Internasional yang jatuh pada 5 Desember mendatang. Tidak hanya mengajar calistung, tapi juga membagikan buku, serta makanan dan minuman bergizi kepada anak-anak kampung pemulung.

Relawan Gesit bersama anak-anak kampung pemulung juga melakukan salat berjamaah. Lewat Rumah Belajar Setara, Relawan Gesit tidal sebatas ingin menanamkan ilmu pengetahuan, tapi juga akhlak dan karakter positif.

Perwakilan Relawan Gesit, Nurwina, menyampaikan pembukaan Rumah Belajar Setara berawal dari rasa keprihatinan terhadap nasib anak-anak yang berada di kampung pemulung TPA Antang. Guna membangun pendidikan inklusif, maka akses pendidikan harus dibuka seluas-luasnya lewat Rumah Belajar Setara.

"Berawal dari rasa kerelawanan. Ya kami melihat pendidikan masih kurang di sekitar kampung pemulung, maka berkolaborasi dengan taman bermain ini, kami buka ruang belajar, khususnya bagi anak-anak yang belum lanjut ke SD," kata dia.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya