home makassar city

Pemkot Makassar Akan Tertibkan PK5 Pasar Cendrawasih

Jum'at, 26 April 2024 - 15:56 WIB
Pj Sekda Kota Makassar Firman Pagarra memimpin rapat koordinasi penertiban PK5 Pasar Pamos Cenderawasih di Balai Kota, kemarin. Foto: Istimewa
Pedagang kaki lima (PK5) di Kawasan Pasar Pamos Cenderawasih Kota Makassar akan ditertibkan. Menyusul aktivitas mereka yang berjualan di fasilitas umum dan sosial (fasum-fasos).

Rencana penertiban PK5 ini dibahas pada rapat koordinasi yang digelar Pj Sekda Kota Makassar Firman Pagarra, kemarin. Rapat ini dihadiri oleh Dinas Pertanahan, Dinas Tata Ruang dan Pemukiman, Kapolsek Mamajang, Camat, Lurah, dan Tripika Kecamatan Mamajang.

Firman menjelaskan, penertiban ini diperlukan setelah mempertimbangkan kondisi saat ini. Di mana PK5 bukan hanya berjualan pada tempat tidak semestinya, tetapi juga mengganggu pedagang resmi yang terdaftar.

"Ada informasi bahwa pasar yang sudah dibangun oleh Dinas Perindag itu tidak sepenuhnya ditempati oleh para pedagang," beber Firman.

Baca juga: Pj Sekda Apresiasi Ketulusan Musisi Makassar untuk Palestina

Berdasarkan informasi dari PD Pasar Makassar, ada 60 pedagang yang selama ini aktif berjualan. Kendati demikian, sejak setelah rehab, pasar ini sejatinya bisa menampung hingga 200 pedagang.

Pascarehab itu, PK5 mulai bermunculan. Bahkan semakin banyak setelah Idul Fitri. Mereka berjualan di area fasum dan fasos di depan pasar.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya