home news

Kuliah Umum di Unhas: Menteri Trenggono Bahas Urgensi Ekonomi Biru untuk Indonesia

Kamis, 29 Agustus 2024 - 17:39 WIB
Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) RI, Sakti Wahyu Trenggono, memberikan kuliah umum di hadapan ratusan mahasiswa di Kampus Unhas Tamalanrea, Kota Makassar. Foto/Dok KKP
Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) RI, Sakti Wahyu Trenggono, membahas urgensi implementasi Ekonomi Biru untuk mewujudkan keberlanjutan dan kesejahteraan di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan dalam acara Kuliah Umum bertema 'Implementasi Kebijakan Ekonomi Biru: Mewujudkan Keberlanjutan dan Kesejahteraan Bersama' di Kampus Universitas Hasanuddin (Unhas) Tamalanrea, Kota Makassar, Kamis (29/8/2024).

Hadir dalam acara itu yakni Rektor Unhas, dekan dan dosen, serta seluruh civitas akademika Unhas, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), serta pejabat Eselon I dan II Lingkup KKP.

Menteri Trenggono memaparkan, peningkatan populasi penduduk global yang mencapai 9,7 miliar jiwa pada 2050 menjadi tantangan semua negara, termasuk Indonesia, dalam memenuhi kebutuhan pangan manusia.

Di samping itu, dunia juga dihadapkan dengan isu malnutrisi. Berdasarkan data FAO (2023), jumlah masyarakat yang mengalami kekurangan pangan di dunia meningkat dari 7,9% di tahun 2019 menjadi 9,2% di tahun 2022. Hal tersebut juga terjadi di Indonesia dimana jumlah masyarakat yang mengalami kekurangan pangan meningkat dari 8,5% di tahun 2021 menjadi 10,2% di tahun 2022.

"Laut dapat menjadi jawaban untuk mengatasi permasalahan pangan yang dunia sedang hadapi saat ini," kata Menteri Trenggono.

Ia mengimbuhkan, laut menyediakan beragam sumber daya yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber pangan yang tidak hanya bergizi tetapi juga lebih ramah terhadap lingkungan.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya