home news

OPINI: Melindungi Hakim dari Ancaman & Risiko di Balik Palu Peradilan

Senin, 09 September 2024 - 20:19 WIB
Mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (Unhas) Suci Ambar Wati. Foto/Dok Pribadi
Suci Ambar Wati -

Mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin



Ketika berbicara tentang peradilan, gambaran yang kerap kali muncul adalah seorang hakim yang duduk di kursi tinggi, mengayunkan palu untuk menentukan nasib seseorang. Namun, apakah kita benar-benar memahami beban dan tanggung jawab yang dipikul oleh mereka yang berada di balik palu peradilan tersebut?

Dalam panggung peradilan yang sarat dengan kompleksitas dan ketegangan, hakim merupakan maestro yang mengarahkan simfoni keadilan.

Sebagai pengatur utama dalam orksetra hukum, hakim menyelaraskan berbagai elemen sistem peradilan untuk memastikan bahwa setiap elemen berfungsi secara efektif dan harmonis. Hakim tidak hanya memiliki peran sebagai pengambil keputusan, tetapi jugaberperan sebagai penavigasi ulung yang mengarungi gelombang perdebatan hukum, mengintegrasikan fakta dan bukti untuk membentuk keputusan yang sah, adil dan martarbat.

Dalam setiap keputusan, hakim menggabungkan pengetahuan hukum yang mendalam dengan intuisi moral untuk memastikan putusan sesuai hukum serta mencerminkan nilai-nilai keadilan dan martabat manusia.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya