home news

Gelar Workshop Pembelajaran Inovatif, YGB Tawarkan Media Ajar Finansial yang Seru

Kamis, 10 Oktober 2024 - 21:10 WIB
YGB berkolaborasi dengan Bank BTPN dan KGBN Makassar menyelenggarakan workshop “Pembelajaran Inovatif dan Manajemen Finansial yang Kuat” di Makassar. Foto/Istimewa
Yayasan Guru Belajar (YGB) berkolaborasi dengan Bank BTPN dan Komunitas Guru Belajar Nusantara (KGBN) Makassar menyelenggarakan workshop “Pembelajaran Inovatif dan Manajemen Finansial yang Kuat” di Gedung BBPMP Makassar pada 6 Oktober 2024.

Program ini bertujuan memperkuat kapasitas guru di Indonesia dalam aspek finansial dan inovasi pembelajaran, untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih efektif dan mendukung perkembangan murid. Workshop ini merupakan bagian dari bootcamp Guru Kreatif Cerdas Finansial (GKCF), yang telah berlangsung daring selama sebulan.

Kegiatan luring ini diadakan satu hari setelah Hari Guru Sedunia, sebanyak 58 peserta yang terpilih dari 1000 guru se-Indonesia diuji coba purwarupa media ajar terkait literasi finansial yang telah mereka rancang. Media pembelajaran ini ditujukan untuk penggunaan sesama guru.

Tantangan ini muncul dari kekhawatiran penyelenggara terhadap kesulitan guru dalam mengelola keuangan pribadi. Rendahnya pendapatan guru mendorong mereka mengembangkan karier protean dengan berbagai sumber pendapatan, namun sering kali tanpa kecakapan mengatur keuangan.

Rizqy Rahmat Hani, Ketua Kampus Pemimpin Merdeka, unit YGB, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang mendukung kegiatan bermanfaat ini, termasuk pemberian beasiswa belajar.

"Saya pribadi sangat senang melihat refleksi yang ditulis peserta setelah sesi daring. Terlihat jelas ada keinginan untuk menjadi guru yang terus belajar, tidak hanya untuk murid, tetapi juga untuk ekosistem yang lebih luas, termasuk sesama guru,” ujarnya.

Pada sesi uji coba purwarupa, peserta dibagi ke dalam kelompok enam orang. Setiap anggota kelompok memperkenalkan media ajar yang mereka rancang, sementara yang lain memberikan penilaian berdasarkan rubrik yang disiapkan.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya