home news

Kelana Nusantara Kembangkan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Minggu, 12 Februari 2023 - 22:55 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno berdiskusi dengan pelaku UMKM di Kota Makassar lewat program Kelana Nusantara, Minggu (12/2/23). Foto: Sindomakassar/Gusti Ridani
Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, terus melakukan pengembangan ekonomi kreatif bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) guna meningkatkan perekonomian.

Salah satu programnya yakni Kelana Nusantara di tahun 2023 ini. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Uno memilih Kota Makassar sebagai lokasi pertama pengenalan program tersebut.

Baca Juga: Industri Pariwisata Bantaeng Diharap Bisa Terus Dikembangkan

Sandi sapaannya, mengajak para pelaku UMKM untuk berbincang, menyampaikan aspirasi dan kendala yang dihadapi pelaku UMKM dalam menjalankan usaha.

"Terima kasih atas dukungan semua pihak dalam launching Kelana Nusantara, dimana kita akan membangkitkan ekosistem ekonomi kreatif di seluruh kabupaten/kota di wilayah nusantara," ujarnya di Roemah Lamdoek Jalan Lamaddukelleng, Minggu (12/2/23).

Ia mengungkapkan bahwa, Makassar sudah sangat siap untuk mengikuti proses uji petik dilihat dari tagline Makassar, yaitu Kota Makan Enak. Menurutnya, ekonomi kreatif yang dikembangkan bisa diarahkan ke kuliner ataupun pariwisata oleh pemangku kepentingan seperti wali kota. Ia pun akan sangat mendukung dengan memberikan workshop dan pelatihan.

"Saya sendiri jadi fasilitator, telah melihat bagaimana peningkatan dari kekuatan ekosistem ekonomi kreatif di Makassar. Nanti kita kembangkan juga di Bulukumba. Karena Bulukumba ini punya destinasi wisata luar biasa, termasuk Desa Wisata Ara, yang fenomenal karena penghasil kapal Phinisi," jelasnya.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Topik Terkait :
menteri pariwisata umkm
Berita Terkait
Berita Lainnya
berita lainnya