home news

Keterwakilan Figur Asal Indonesia Timur Vital di Pilpres 2024, Sosok SYL Bisa Jadi Opsi

Sabtu, 29 April 2023 - 21:24 WIB
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo alias SYL, salah satu figur asal Indonesia Timur yang dianggap layak masuk bursa cawapres. Foto/Dok Setkab
Keterwakilan figur asal Indonesia Timur dinilai vital pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Muaranya, demi memastikan terciptanya pemerataan, keadilan, dan akselerasi pembangunan maupun politik di Bumi Pertiwi.

Ketua Majelis Syuro Partai Ummat, Amien Rais, sudah menyuarakan hal tersebut. Ia pun menyarankan agar calon presiden (Capres) yang didukung Partai Umat, Anies Baswedan, agar meminang tokoh dari Indonesia Timur sebagai calon wakil presiden (Cawapres).

Amien memberi contoh Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat menggandeng Jusuf Kalla (JK) pada Pilpres 2004. Ia mengatakan Indonesia Timur kerap terlupakan, sehingga memang perlu sosok yang mewakili mereka di tingkat nasional.

Baca Juga:Mantan Ketua Demokrat Sulsel Ingatkan Perkuat Koalisi Perubahan

Selama ini, tokoh-tokoh yang maju dalam kontestasi politik cenderung Jawasentris atau daerah-daerah lain di Indonesia bagian barat.

Merespons wacana itu, pengamat politik dari Universitas Hasanuddin (Unhas), Hasrullah Hasbullah, menyampaikan isu keterwakilan figur asal Indonesia Timur di pemerintahan sudah lama disuarakan. Hasilnya, sejumlah tokoh berhasil duduk dan membuktikan kapabilitasnya, salah satunya Jusuf Kalla (JK), Wakil Presiden RI dua periode.

Saat ini pun, Indonesia Timur tidak pernah kekurangan figur yang layak dan pantas untuk duduk sebagai wakil presiden, bahkan presiden sekalipun. Mulai dari Syahrul Yasin Limpo (SYL), Andi Amran Sulaiman, hingga Rachmat Gobel dianggap dapat menjadi opsi untuk digandeng pada Pilpres 2024.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Topik Terkait :
pilpres 2024 syahrul yasin limpo anies baswedan
Berita Terkait
Berita Lainnya
berita lainnya