home news

77 Tahun 'Ksatria Langit' TNI AU Menjaga Kedaulatan NKRI di Ruang Udara

Sabtu, 29 April 2023 - 22:19 WIB
Jajaran pesawat TNI AU melakukan atraksi dalam gladi bersih menjelang peringatan HUT ke-77 TNI AU pada April lalu. Foto/Dok TNI AU via Twitter
"Kepakkan Sayapmu dan Terbang Menjaga Langit Dirgantara, TNI AU Akan Menjadi Kebanggaan Indonesia," isi pesan khusus yang dituliskan Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin, saat meninjau Skuadron Udara 11 Wing Udara 5 Lanud Sultan Hasanuddin di Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan, pada pengujung tahun lalu.

Pesan khusus nan mendalam itu ditujukan bagi para penerbang TNI AU. Pesan serupa diiringi apresiasi atas kontribusi para 'ksatria langit' kepada bangsa dan negara kembali disampaikan oleh Wapres Ma'ruf saat HUT ke-77 TNI pada 9 April 2023. Seperti semboyan Swa Bhuwana Paksa, TNI AU disebutnya sebagai Sayap Tanah Air Indonesia.

Wapres Ma’ruf mengungkapkan TNI AU memiliki peran besar dan strategis dalam menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), khususnya di ruang udara. Selama lebih dari tujuh dekade, kontribusi itu diharapkan terus berlanjut dan ditingkatkan, sebagaimana tema yang diusung ‘Profesional, Modern, dan Tangguh sebagai Angkatan Udara yang Disegani di Kawasan’.

"Pemerintah, masyarakat, bangsa, dan negara menaruh harapan besar kepada TNI AU untuk tidak lelah menjaga keutuhan, kedaulatan, dan keselamatan NKRI,” kata Wapres Ma’ruf, dalam tayangan video saat memberikan ucapan selamat atas peringatan HUT ke-77 TNI AU.

Pesan serupa disampaikan Presiden RI, Joko Widodo alias Jokowi, saat memberikan sambutan secara virtual. Ia menaruh asa agar TNI AU menjadi angkatan udara yang modern dan tangguh. Juga diharapkannya agar para ‘ksatria langit’ mampu terus menjaga ruang udara Indonesia, serta transformatif menjaga kekuatan nasional dan disegani negara lain.

"Dirgahayu TNI Angkatan Udara, Swa Bhuwana Paksa,” seru orang nomor satu di Indonesia itu.

Profesional, Modern, & Tangguh
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Topik Terkait :
tni au
Berita Terkait
Berita Lainnya
berita lainnya