home news

Kunjungan ke Blok Sorowako, Moeldoko Apresiasi Pengelolaan Pertambangan PT Vale

Rabu, 31 Mei 2023 - 15:44 WIB
Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Moeldoko berbincang dengan salah satu operator truk perempuan PT Vale Indonesia Tbk di Bukit Solia, Sorowako, Luwu Timur, Selasa (30/05/2023). Foto/Dok PT Vale
Kepala Staf Kepresidenan RI, Moeldoko, mengapresiasi komitmen PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) menerapkan prinsip keberlanjutan dalam pengelolaan pertambangan nikel selama puluhan tahun di Blok Sorowako. Hal itu disampaikan dalam lawatannya pada Selasa (30/05/2023) lalu.

Moeldoko melihat tata kelola pertambangan berkelanjutan yang dimulai dari prapenambangan, proses penambangan, produksi, reklamasi, dan rehabilitasi lahan. Apresiasi Moeldoko disampaikan kepada CEO PT Vale Febriany Eddy, jajaran direksi, manajemen, dan leaders lainnya.

Baca Juga:Kunjungi Sorowako, Menteri Industri & Dubes Inggris Terkesan dengan Operasi PT Vale

Pada kunjungan ini, Moeldoko didampingi Deputi II KSP Abetnego Tarigan. Rombongan mengunjungi sejumlah tempat pengelolaan pertambangan dari PT Vale, mulai dari Taman Antar Bangsa, Bukit Solia, Process Plant, Control Room, Taman Keanekaragaman Hayati Sawerigading Wallace, Nursery, dan berkeliling melihat panorama Danau Matano.

“Saya sudah melihat sendiri bagaimana lokasi bekas tambang bisa pulih seperti semula. Termasuk keanekaragaman hayatinya. PT Vale benar-benar berkomitmen pada persoalan lingkungan sosial. Indikator sangat nyata,” kata dia.

Menurut Moeldoko, sepanjang pengelolaan pertambangan dilakukan dengan praktik pertambangan yang baik (good mining practices), maka lingkungan dan keberlanjutan perusahaan akan terus terjaga. “Sebab, tren ke depan adalah ekonomi hijau dan keberlanjutan,” katanya.

Dia menyambut baik upaya PT Vale dalam menjaga kondisi sosial kemasyarakatan. Ia mencontohkan program tanggung jawab sosial atau corporate social responsibility (CSR) PT Vale yang dinilai berkontribusi pada target pencapaian daerah dan nasional. Terutama terkait dengan stunting dan kemiskinan ekstrem.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Topik Terkait :
pt vale tambang nikel kantor staf presiden (ksp)
Berita Terkait
Berita Lainnya
berita lainnya