home news

Konsisten Jaga Karst di Rammang-rammang, Iwan Dento Raih Penghargaan Kalpataru

Kamis, 01 Juni 2023 - 18:44 WIB
Muhammad Ikhwan alias Iwan Dento, aktivis lingkungan asal Kabupaten Maros berhasil meraih penghargaan Kalpataru 2023. Foto/Najmi S Limonu
Muhammad Ikhwan alias Iwan Dento, aktivis lingkungan asal Kabupaten Maros berhasil meraih penghargaan Kalpataru 2023. Penghargaan bergengsi itu diperoleh berkat kegigihannya mempertahankan dan merawat karst di Rammang-rammang dari ancaman industrialisasi.

Pria kelahiran Maros pada 10 Oktober 1980 itu, sebelumnya telah diusulkan sebagai penerima penghargaan dari Kementrian Lingkungan Hidup sebanyak dua kali. Namun, Iwan harus puas di nominator urutan 20 besar.

Tahun ini, Iwan yang kembali diusulkan oleh pemerintah daerah berhasil menduduki urutan pertama dari 10 nominator penerima Kalpataru. Dia masuk dalam kategori sebagai perintis lingkungan.

Baca Juga:Pemkab Gowa Gandeng IKA Unhas Gagas Kawasan Geopark

Nama Iwan muncul sebagai penerima berdasarkan Surat Keputusan dari Kementrian Lingkungan Hidup nomor : SK.545/MENLHK/PSKL/PSL.3/5/2023 tentang Penerima Penghargaan Kalpataru 2023.

"Alhamdulillah ini keberhasilan kita bersama. Bukan karena Iwan Dentonya, tapi semua entitas yang selama ini bersama-sama berjuang menjaga dan memelihara karst kita," kata Iwan yang ditemui di kediamannya sekaligus cafe Rumah Ke-2 di Rammang-rammang, Rabu (31/05/2023).

Alumni Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar itu pun mengaku sudah menerima undangan untuk menerima piala prestisius itu di kantor KLHK Jakarta. "Insya Allah Senin penerimaannya. Mudah-mudahan tidak ada kendala nanti kami akan ke Jakarta. Mohon doanya semua," ujar Iwan.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Topik Terkait :
karst rammang-ramang penghargaan kalpataru
Berita Terkait
Berita Lainnya
berita lainnya