home news

Khofifah Ajak Muslimat NU jadi Bunda Asuh Anak Stunting

Selasa, 25 Juli 2023 - 19:39 WIB
Ketua Umum PP Muslimat Nahdlatul Ulama (NU), Khofifah Indar Parawansa, berfoto bersama di sela pembukaan Konferwil XI PW Muslimat NU Sulsel. Foto/Istimewa
Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muslimat Nahdlatul Ulama (NU), Khofifah Indar Parawansa, mengajak seluruh pengurus Muslimat NU untuk aktif terlibat dalam pencegahan dan penanganan stunting. Muslimat NU diminta menjadi bunda asuh anak yang terindikasi stunting.

Hal itu disampaikan oleh Khofifah yang juga Gubernur Jawa Timur (Jatim) saat memberikan pengarahan di sela pembukaan Konferensi Wilayah (Konferwil) XI Pengurus Wilayah Muslimat NU Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) di Kampus Universitas Islam Makassar (UIM), Selasa (25/7/2023).

Baca Juga:Gubernur Jatim Bahas Strategi Peningkatan Iklim Investasi di LAN-RI Makassar

Pada kesempatan itu, Khofifah juga mengukuhkan 21 bunda asuh anak stunting lingkup Sulsel. Mereka adalah perwakilan dari pengurus Muslimat NU tingkat kabupaten/kota. Diminta Khofifah, peran penanganan stunting mesti dilakukan secara masif dan terkoordinasi melibatkan seluruh pihak terkait.

"Saya minta tolong (penanganan stunting) bukan saja yang disematkan selendang, hanya 21. Di Muslimat NU kan ada pengurus lain juga, tolong selalu komunikasi dengan camat dan BKKBN yang tahu data indikasi stunting," kata Khofifah.

Menurut dia, pengurus Muslimat NU harus terjun langsung melakukan intervensi untuk mencegah stunting. Caranya sederhana dan sudah beramal pula. Cukup dengan menyediakan satu telur per hari atau 30 telur per bulan untuk anak yang terindikasi stunting. Hal itu disebutnya tidak akan membuat orang miskin.

Khofifah menegaskan, langkah Muslimat NU yang menaruh atensi terhadap pencegahan stunting lantaran menyangkut generasi masa depan bangsa. Terlebih, saat ini semua pihak di tanah air tengah menyongsong Indonesia Emas 2045. Nah, hal itu tentunya hanya bisa terwujud bila generasi penerus bangsa sehat.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya