home news

Road Race Ketinting Meriahkan HUT Sulsel ke 354 Tahun Ini

Senin, 28 Agustus 2023 - 20:31 WIB
Pemerintah Provinsi Sulsel melalui Dispora menggelar kegiatan lomba balap ketinting dalam rangka HUT Sulsel ke 354 tahun, di Kawasan CPI, Senin (28/8/23). Foto: Gusti Ridani
Pemerintah Provinsi Sulsel melalui Dispora menggelar kegiatan lomba balap ketinting dalam rangka HUT Sulsel ke 354 tahun, di Kawasan CPI, Senin (28/8/23). Sebanyak 173 peserta dari 24 kabupaten mengikuti kegiatan ini.

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengatakan lomba balap ketinting ini merupakan event kreativitas untuk para nelayan. Hal ini juga diharapkan menjadi sarana hiburan para nelayan dan memperlihatkan kearifan lokal Sulsel.

Baca Juga: Dorong Ekonomi Hijau, Pemprov Sulsel Dukung Perdagangan Karbon

"Ketinting itu perahu khas orang sini (Sulsel) untuk jarak dekat maupun jarak jauh juga bisa. Makannya mereka rata-rata sudah modifikasi juga, CC-nya jenis-jenis mesinnya ditambah, terlatih juga. Jadi meraka sudah seperti road race," ujar Andi Sudirman usai membuat kegiatan tersebut.

Sudirman berharap, kegiatan ini bisa menjadi daya tarik sendiri untuk dimasukkan dalam kalender tahunan. Sekaligus kata dia, mengajak nelayan untuk bergabung pada event tersebut.

Selain itu, Pemprov Sulsel juga memberikan bantuan berupa kapal nelayan yang dibuat di Kabupaten Bulukumba. Ada 15 kapal nelayan yang akan diberikan, hanya saja, baru 1 kapal yang siap untuk diserahkan.

"Ada bantuan kapal juga 1 unit, sebenarnya ada 15 tapi sekarang baru sekitar 90 persen pengerjaan, sisa mesinnya belum dipasang. Itu untuk nelayan kita dibeberapa untuk beberapa kabupaten," ungkapnya.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya