home news

Mentan SYL Sambangi Kantor Gubernur Sulsel, ASN Sambut Penuh Antusias

Senin, 18 September 2023 - 20:04 WIB
Menteri Pertanian (Mentan) RI, Syahrul Yasin Limpo (SYL) menyambangi Kantor Gubernur Sulsel, Jalan Urip Sumohardjo Makassar, Senin (18/09/2023). Foto/Gusti Ridani
Menteri Pertanian (Mentan) RI, Syahrul Yasin Limpo (SYL) menyambangi Kantor Gubernur Sulsel, Jalan Urip Sumohardjo Makassar, Senin (18/09/2023). Kunjungan itu dalam rangka pemaparan upaya pengendalian inflasi dan ketersediaan pangan pokok di Indonesia.

Dalam kunjungan itu, Mentan SYL mendapat sambutan hangat dari para ASN. Antusiasme para ASN begitu terasa saat Mentan SYL memasuki area kantor Gubernur.

Pemerhati Pemerintahan sekaligus Pakar Tata Negara Unhas, Professor Aminuddin Ilmar, menyebut tingginya antusiasme para ASN menyambut Menteri SYL merupakan bentuk ekspresi atas kerinduan sosok pemimpin yang mengayomi. SYL diketahui merupakan mantan Gubernur Sulsel dua periode.

"Ya, jadi kepemimpinan itu kan sebenarnya diwarnai dengan karakter yah, karakter seorang pemimpin. Tentu kalau kita lihat, karakter seorang pemimpin itu memang menjadi sisi kepentingan melekat disetiap kepemimpinan yang dilakukan dan dia jalankan," kata Ilmar, Senin (18/9/2023).

Menurut Guru Besar Hukum Tata Negara Unhas itu, karakter SYL melekat sosok pemimpin yang betul-betul mengayomi dan tidak sampai pada eksekusi putusan.

"Bahwa seseorang harus diturunkan dari jabatan, harus dipindahkan. Itupun dilakukan kalau betul-betul yang bersangkutan tidak bisa diperbaiki. Sepanjang bisa diperbaiki, tipe SYL itu, itulah keberhasilan kepemimpinan. Katanya kalau bawahan yang dia pimpin itu lebih baik dari sebelumnya. Jadi itu sebetulnya konteks itu dilihat," tambah Ilmar.

Tipikal kepemimpinan yang dianut oleh Menteri SYL menurut Ilmar tidak terlepas dari nilai-nilai luhur orang Sulsel, yaitu nilaisipakatau, sipakalebbi, saling menghormati dan menuakan yang memang harus dituakan.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya