Mentan SYL Sambangi Kantor Gubernur Sulsel, ASN Sambut Penuh Antusias

Tri Yari Kurniawan
Senin, 18 Sep 2023 20:04
Mentan SYL Sambangi Kantor Gubernur Sulsel, ASN Sambut Penuh Antusias
Menteri Pertanian (Mentan) RI, Syahrul Yasin Limpo (SYL) menyambangi Kantor Gubernur Sulsel, Jalan Urip Sumohardjo Makassar, Senin (18/09/2023). Foto/Gusti Ridani
Comment
Share
MAKASSAR - Menteri Pertanian (Mentan) RI, Syahrul Yasin Limpo (SYL) menyambangi Kantor Gubernur Sulsel, Jalan Urip Sumohardjo Makassar, Senin (18/09/2023). Kunjungan itu dalam rangka pemaparan upaya pengendalian inflasi dan ketersediaan pangan pokok di Indonesia.

Dalam kunjungan itu, Mentan SYL mendapat sambutan hangat dari para ASN. Antusiasme para ASN begitu terasa saat Mentan SYL memasuki area kantor Gubernur.

Pemerhati Pemerintahan sekaligus Pakar Tata Negara Unhas, Professor Aminuddin Ilmar, menyebut tingginya antusiasme para ASN menyambut Menteri SYL merupakan bentuk ekspresi atas kerinduan sosok pemimpin yang mengayomi. SYL diketahui merupakan mantan Gubernur Sulsel dua periode.

"Ya, jadi kepemimpinan itu kan sebenarnya diwarnai dengan karakter yah, karakter seorang pemimpin. Tentu kalau kita lihat, karakter seorang pemimpin itu memang menjadi sisi kepentingan melekat disetiap kepemimpinan yang dilakukan dan dia jalankan," kata Ilmar, Senin (18/9/2023).

Menurut Guru Besar Hukum Tata Negara Unhas itu, karakter SYL melekat sosok pemimpin yang betul-betul mengayomi dan tidak sampai pada eksekusi putusan.

"Bahwa seseorang harus diturunkan dari jabatan, harus dipindahkan. Itupun dilakukan kalau betul-betul yang bersangkutan tidak bisa diperbaiki. Sepanjang bisa diperbaiki, tipe SYL itu, itulah keberhasilan kepemimpinan. Katanya kalau bawahan yang dia pimpin itu lebih baik dari sebelumnya. Jadi itu sebetulnya konteks itu dilihat," tambah Ilmar.

Tipikal kepemimpinan yang dianut oleh Menteri SYL menurut Ilmar tidak terlepas dari nilai-nilai luhur orang Sulsel, yaitu nilai sipakatau, sipakalebbi, saling menghormati dan menuakan yang memang harus dituakan.

Bagi Ilmar, seorang pemimpin yang ada di Sulsel setidaknya memegang prinsip itu dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. "Kalau seorang pemimpin memberi teladan dan menghormati maka tentu bawahannya akan berbuat lebih daripada itu," tukas Ilmar.

Pada prinsipnya, karakter kepemimpinan SYL berdasar pada corak nilai budaya Sulsel. Ada konsep nilai siri na pacce yang memberi gambaran bahwa seorang pemimpin itu akan merasa malu jikalau tidak melakukan perbuatan atau tindakan yang baik.

"Kalau masuk dalam konsep tercela kemudian menjadi perhatian. Kepemimpinan itu harus memberi tauladan, bagaimana mengarahkan, memimpin. Kalau ada perbuatan salah, bukan berarti menerima tapi ada pembelajaran," tutup Ilmar.

Diketahui, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo bertandang ke Kantor Gubernur Sulsel untuk menghadiri Rakor Pengendalian Inflasi. Pada kesempatan itu, SYL mengajak pemerintah daerah dan petani menaikkan indeks pertanaman (IP) di lahan pertanian eksisting.

Hal ini dilakukan guna mengantisipasi dampak El Nino terhadap produksi padi dalam pemenuhan kebutuhan pangan pokok.

Mentan Syahrul lantas menyampaikan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar upaya mengatasi dampak El Nino yang akan terjadi utamanya pada sektor pangan dilakukan sedini mungkin. Hal ini perlu dilakukan agar kondisi ketersediaan pangan khususnya beras harus bisa dijamin secara maksimal.
(TRI)
Berita Terkait
Pemprov Sulsel Raih Indeks Pembangunan Statistik Kategori Baik Tahun 2024
News
Pemprov Sulsel Raih Indeks Pembangunan Statistik Kategori Baik Tahun 2024
Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), telah menerima hasil Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPPS) Tahun 2024 dari Badan Pusat Statistik (BPS). Dalam hasil EPPS ini, Sulsel berhasil meraih predikat baik
Rabu, 02 Okt 2024 18:18
Bank Indonesia Dorong Penguatan Sulsel jadi Pusat Ekonomi Syariah
Ekbis
Bank Indonesia Dorong Penguatan Sulsel jadi Pusat Ekonomi Syariah
Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulsel, Rizki Ernadi Wimanda, mengajak semua pihak menggaungkan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia, terkhusus di Sulsel.
Selasa, 01 Okt 2024 15:16
PLN Ubah Lahan Kritis Jadi Produktif lewat Ekosistem Biomassa
News
PLN Ubah Lahan Kritis Jadi Produktif lewat Ekosistem Biomassa
Upaya pengembangan ekosistem biomassa berbasis pertanian terpadu yang diinisiasi oleh PT PLN melalui sub holding PT PLN Energi Primer Indonesia bakal mengubah lahan yang sebelumnya kritis menjadi lebih hijau dan produktif.
Sabtu, 28 Sep 2024 17:14
Pj Gubernur Sulsel Prof Zudan Siap Sukseskan Festival Taka Bonerate 2024
News
Pj Gubernur Sulsel Prof Zudan Siap Sukseskan Festival Taka Bonerate 2024
Pelaksanaan Festival Taka Bonerate dan Dive Camp 2024 yang akan digelar 6 -12 Oktober 2024 mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, termasuk dari Penjabat Gubernur Sulsel, Prof Zudan Arif Fakrulloh.
Sabtu, 28 Sep 2024 16:55
Program Bus Trans Sulsel Keterisian Kursi Capai 100 Persen
News
Program Bus Trans Sulsel Keterisian Kursi Capai 100 Persen
DAMRI bekerja sama dengan Pemprov Sulsel meluncurkan program Bus Trans Sulsel, yang menghubungkan berbagai kota dan kabupaten di Sulsel, termasuk Kabupaten Kepulauan Selayar yang berada di sudut paling selatan.
Sabtu, 28 Sep 2024 16:23
Berita Terbaru