home news

Festival Jajanan Bango 2023 Diawali di Makassar, Ini Pertimbangannya

Selasa, 03 Oktober 2023 - 18:23 WIB
Festival Jajanan Bango (FJB) 2023 siap digelar di dua kota. Makassar menjadi kota pembuka event tahunan yang berlangsung sejak 2005 itu. Foto/Dok Kecap Bango
Festival Jajanan Bango (FJB) 2023 siap digelar di dua kota. Makassar menjadi kota pembuka event tahunan yang berlangsung sejak 2005 itu.

Head of Marketing Nutrition Indonesia PT Unilever Indonesia, Ari Astuti, menyampaikan Makassar akan mengawali FJB 2023 pada akhir pekan ini, Sabtu-Minggu (7-8/10/2023) di Parking Lot Phinisi Point. Sedangkan FJB di Jakarta, tepatnya di Parkir Timur Senayan pada 27-29 Oktober mendatang.

Ia menjelaskan Makassar dipilih menjadi kota penyelenggara, bahkan mengawali FJB 2023 dengan berbagai pertimbangan matang. Kota Daeng dikenal sebagai surga kuliner, serta memiliki masyarakat yang senantiasa melestarikan kulinernya.

"Makassar dipilih karena dikenal sebagai Kota Makan Enak. Hampir di setiap sudut kota ini terdapat kuliner yang ikonik, mulai dari sop konro, coto, pisang ijo hingga jalangkote," ungkap Ari Astuti, saat Online Press Conference FJB 2023, Selasa (3/10/2023).

Tahun ini, FJB 2023 mengangkat tema Bangkitkan Sejuta Rasa Nusantara. Ratusan penjaja kuliner siap ambil bagian dalam kegiatan tersebut. Ari Astuti bilang pelaksanaan FJB 2023 merupakan upaya melestarikan kuliner nusantara di tengah gempuran ragam kuliner asing yang 'menggoda' generasi milenial.

"Kami rutin menggelar Festival Jajanan Bango. Kami punya purpose, selain mempertahankan pangan juga ingin melestarikan kuliner Indonesia," tuturnya.

Indonesia disebutnya memiliki begitu banyak kuliner khas yang bisa mendunia. Ditambah lagi keberadaan kecap manis yang sebagai culinary gem, yang hanya ada di Indonesia. Lewat FJB 2023, pihaknya juga menawarkan pengalaman multi-sensory atas ragam kuliner nusantara.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya