home news

Gubernur Sulsel Jadi Pembicara di Forum Bahasa yang Digelar UNESCO

Rabu, 22 Februari 2023 - 15:26 WIB
Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman menjadi salah satu pembicara di Forum 2023 International Mother Language Day (IMLD). Foto: Istimewa
Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman menjadi salah satu pembicara di Forum 2023 International Mother Language Day (IMLD) on “Multilingual Education - a Necessity to Transform Education” di Paris, Prancis Selasa, (21/02/2023).

Kegiatan yang digelar oleh The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO), merupakan kegiatan Hari Bahasa Ibu Internasional tahun ini. Ini merupakan forum dunia untuk mengeksplorasi dan berdialog terkait potensi multibahasa untuk mengubah pendidikan dari perspektif pembelajaran seumur hidup dan seterusnya dan merevitalisasi bahasa yang menghilang atau terancam punah.

Baca Juga: Gubernur Sulsel Terima Penghargaan atas Pelestarian Bahasa Daerah

Pemerintah Provinsi Sulsel sendiri di bawah kepemimpinan Andi Sudirman Sulaiman dinilai dapat melestarikan bahasa Ibu atau bahasa daerah untuk selanjutnya disampaikan di forum ini bahkan rekomendasi terkait.

“Ini adalah kesempatan memperkenalkan kekayaan budaya bahasa, menjaga dan melestarikannya,” kata Gubernur Andi Sudirman Sulaiman.

Di memontum ini, Subernur Sulsel tampil berbeda dari panelis lainnya, karena mengenakan baju daerah jas tutup lengkap dengan sarung dan songkok recca. Hadir mendampingi Kadis Pendidikan Sulsel, Setiawan Aswad dan Kepala Biro Administrasi Pimpinan, Bapak Andi Winarno Eka Putra.

Andi Sudirman menyampaikan, Indonesia kaya akan bahasa daerah, terdapat 718 bahasa daerah. 14 bahasa daerah diantaranya berada di Sulsel. Yakni Bahasa Toraja, Bugis, Makassar, Mandar, Massenrempulu, Lemolang, Rampi, Seko, Bugis De, Wotu, Bajo, Konjo, Bonerate dan Laiyolo.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Topik Terkait :
pemprov sulsel
Berita Terkait
Berita Lainnya
berita lainnya