home news

Survei SRS: Ridwan Kamil Capres Paling Disukai Publik, Kalahkan Prabowo hingga Ganjar

Rabu, 22 Februari 2023 - 19:27 WIB
Surabaya Research Syndicate (SRS) merilis hasil survei terbarunya dengan menempatkan Ridwan Kamil pada posisi puncak calon presiden (capres) yang paling disukai responden. Foto/Istimewa
Surabaya Research Syndicate (SRS) merilis hasil survei terbarunya dengan menempatkan Ridwan Kamil pada posisi puncak calon presiden (capres) yang paling disukai responden. Hal itu dinilai bukti bahwa publik senang dengan figur Ridwan Kamil, sekaligus merespons positif kinerjanya sebagai Gubernur Jawa Barat (Jabar)



Peneliti senior SRS, Deny Aditya, mengungkapkan untuk kategori capres (tokoh nasional) yang paling disukai masyarakat, Ridwan Kamil jagonya. Dia berhasil meraih 78,9 persen. Unggul dari Sandiaga Uno (78,4 persen), Prabowo Subianto (76,5 persen), Ganjar Pranowo (73,9 persen), dan Anies Rasyid Baswedan (72,8 persen). Tokoh lain semisal AHY, Erick Thohir dan Puan Maharani, jauh di bawah itu.

Baca Juga:Legislator Perempuan DPRD Sulsel Resmi Pimpin Gerindra Jeneponto

Sementara terkait popularitas calon presiden (capres) 2024, lanjut Deny, Ridwan Kamil mendapat 87,5 persen, menempel ketat Anies Baswedan (90,2 persen) dan Prabowo Subianto (97,3 persen). Keterkenalan Prabowo dibanding tokoh lainnya adalah hal biasa. “Dikarenakan Menhan RI itu sudah tiga kali mengikuti kontestasi Pilpres, sehingga lebih dikenal,” katanya.

Sedangkan untuk elektabilitas capres 2024, Ridwan Kamil kokoh di papan tengah dengan 7,5 persen. Meninggalkan Moeldoko (4.3 persen), Andika Perkasa (2,6 persen), Sandiaga Uno (2,4 persen), AHY (2,3 persen), Erick Thohir (2,0 persen) dan Puan Maharani (1,8 persen).

Lalu, siapa tokoh nasional paling layak menduduki cawapres 2024? Deny menyebutkan masyarakat antusias memilih Ridwan Kamil. Ayah mendiang Emmeril Kahn Mumtadz itu ada di peringkat teratas dengan dukungan responden 13,5 persen. Disusul Sandiaga Uno (12,9 persen), Anies Baswedan (9,7 persen), Ganjar Pranowo (8,8 persen), dan AHY (7,9 persen). Kandidat lainnya hanya mendapat di bawah 3 persen.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Topik Terkait :
pilpres 2024 ridwan kamil
Berita Terkait
Berita Lainnya
berita lainnya