home news

Pelindo Revitalisasi Terminal Pelabuhan Ambon Akhir Tahun Ini, Estimasi Anggaran Rp60 Miliar

Sabtu, 28 Oktober 2023 - 00:36 WIB
Plh General Manager (GM) Pelindo Regional 4 Ambon, Capt. Muhammad Yusuf melaporkan kinerja berbagai pelabuhan yang berada di bawah wilayah kerjanya kepada peserta Media Port Visit. Foto/Istimewa
PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 Ambon bakal memulai revitalisasi terminal penumpang di Pelabuhan Ambon pada akhir tahun ini. Langkah penataan terminal dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang yang terjadi pada setiap peak season atau puncak musim liburan.

Hal itu diungkapkan Plh General Manager (GM) Pelindo Regional 4 Ambon, Capt. Muhammad Yusuf kepada sejumlah awak media yang melakukan Port Visit dengan mengunjungi Pelabuhan Ambon dan Terminal Peti Kemas (TPK) Ambon, Jumat (27/10/2023).

Capt. Yusuf mengatakan, pihaknya akan menata Terminal Penumpang Pelabuhan Ambon layaknya sebuah bandar udara internasional yang memiliki berbagai fasilitas yang terbaik.

“Kita akan membuat penumpang merasa lebih aman dan nyaman saat menunggu keberangkatannya di Terminal Penumpang Pelabuhan Ambon. Kita berencana mengubah desain eksterior terminal penumpang layaknya bandara,” terang Capt. Yusuf.

Selain desain gedung terminal, berbagai fasilitas penunjang lainnya juga akan disiapkan dengan lebih baik lagi. Seperti ruang check in yang mewah, serta ruang tunggu yang dilengkapi dengan playground atau tempat bermain yang dirancang khusus untuk anak-anak.

Revitalisasi terminal penumpang di Pelabuhan Ambon ditaksir memakan anggaran kurang lebih Rp60 miliar. Adapun alokasi dananya bertahap. Untuk tahun ini, baru berkisar Rp3 miliar dan awal tahun depan Rp15 miliar. Pihaknya masih menunggu petunjuk pusat mengenai teknis revitalisasi infrastruktur tersebut.

Lebih jauh, Yusuf menjelaskan rencana penataan terminal yang akan dilakukan oleh Pelindo karena melihat pertumbuhan jumlah penumpang yang cukup signifikan di pelabuhan yang terletak di kota yang terkenal dengan rempah-rempahnya ini.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya