home news

Pertama di Indonesia, TMC Pakai Drone Sukses Tingkatkan Daya Mampu Pasok PLTA Bakaru

Selasa, 21 November 2023 - 18:33 WIB
Salah satu terobosan yang secara kontinyu telah dilakukan PLN untuk meningkatkan pasokan listrik dari PLTA adalah TMC menggunakan drone yang juga merupakan pertama di Indonesia. Foto/Dok PLN
PT PLN (Persero) terus berupaya memberikan pelayanan terbaik dengan menjaga pasokan listrik secara kontinyu di sistem kelistrikan Sulawesi Bagian Selatan (Sulbagsel).

Musim kemarau yang berkepanjangan telah berdampak terhadap keterbatasan kemampuan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Salah satu terobosan yang secara kontinyu telah dilakukan untuk meningkatkan pasokan listrik dari PLTA adalah Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) menggunakan drone yang juga merupakan pertama di Indonesia.

Dalam kunjungannya ke Control Center PLN Sistem Makassar, Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Eka Prasetya, mencanangkan pihaknya akan melakukan akselerasi untuk membantu percepatan pembangunan pembangkit ramah lingkungan lainnya.

"Kami mendukung upaya PLN dalam pemulihan sistem kelistrikan saat ini dan optimis ada terobosan serta akselerasi agar sistem kelistrikan Sulbgasel semakin kuat," kata Andi Eka.

Senada, dalam lawatannya ke Control Center PLN Sistem Makassar, Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto atau biasa disapa Danny Pomanto menyampaikan apresiasinya kepada PLN dalam upaya penanganan sistem kelistrikan Sulbagsel.

"Kami sudah saksikan, luar biasa upaya PLN. Pemkot akan hadir bersama PLN untuk menyalurkan program bantuan, selain itu guna mencegah kebakaran Pemkot bersama PLN dan AKLI akan menjalankan program cek instalasi listrik," tutur Danny.

Dalam kesempatan tersebut, Danny Pomanto juga memantau kondisi kelistrikan Sulawesi Bagian Selatan secara realtime melalui dashboard pada Control Center. "Kami juga melihat secara langsung bagaimana petugas PLN melaksanakan upaya pengaturan sistem kelistrikan tanpa henti dan perlahan sudah menunjukkan hasil yang baik, yang menarik adalah kondisi air membaik berkat TMC sehingga kami optimis kondisi menuju normal," pungkas Danny.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya