home news

Pemprov Sulsel Dorong Revitalisasi BUMD, Kemitraan Swasta Dalam Negeri dan Internasional

Rabu, 10 Januari 2024 - 20:48 WIB
Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin bersama Teri Abeng dalam acara Forum Diskusi Antar Pemerintah Daerah, Pengusaha dan BUMD di Makassar, Rabu (10/1/2024). Foto: SINDO Makassar/Abdoellah Nicolha
Pj Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Bahtiar Baharuddin menggalang reformasi dan restrukturisasi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) demi realisasi potensi ekonomi yang terhambat. Salah satunya melalui kemitraan dengan pihak swasta nasional dan internasional.

“Tidak bisa lagi BUMD hanya dikelola oleh Pemda ala kadarnya, kadang oleh teman-teman sendiri. Sudah tidak jaman lagi. Harus ada tangan lain, kantong lain. Seluruh aset harus dikelola secara bisnis,” jelas Pj Gubernur dalam pidato di acara Forum Diskusi Antar Pemerintah Daerah, Pengusaha dan BUMD di Makassar, Rabu (10/1/2024).

Dalam acara ini PT Sulsel Citra Indonesia (SCI), persero daerah yang akan menjadi holding dari seluruh BUMD Sulsel menandatangani MoU dengan setiap pemimpin kabupaten atas pemanfaatan participating interest 10% bagi pemerintah daerah dan pembentukan badan riset ekonomi. Pj Gubernur memberi contoh rencana pembangunan pelabuhan-pelabuhan bertaraf internasional.

“Sekarang dikerjakan oleh DisHub (dinas perhubungan), nanti akan diserahkan pengelolaannya ke BUMD. Ya, akan ada anak perusahaan SCI yang bergerak di bidang pelabuhan,” Pj Gubernur Bahtiar menambah.

Untuk memimpin misi revitalisasi BUMD ini Pj Gubernur menunjuk Tanri Abeng sebagai kepala Komite Ekonomi Sulawesi Selatan (KESS) dan komisaris utama SCI.

“Tidak ada yang lebih baik daripada Pak Tanri Abeng, seorang yang sudah teruji dan yang menciptakan konsep Kementrian Badan Usaha Milik Negara di negeri ini,” ujarnya.

Dalam sambutannya di acara forum diskusi ini, Tanri Abeng menggunakan Phinisi, kapal tradisional asal Bugis yang berabad-abad lalu mengarungi lautan nusantara hingga berbagai belahan dunia, sebagai kiasan perjalanan pembangunan Sulsel.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya